Sukses

Tak Hanya Indonesia, Jepang Juga Punya Kebiasaan di Warung Nasi

Liputan6.com, Jakarta Ternyata, Jepang juga memiliki kebiasaan unik ketika mereka bersantai di warung nasi tradisional, atau biasa disebut dengan Izakaya. Tak berbeda dari warung tegal atau rumah makan padang yang serba ada, konsep yang sama juga diterapkan di Izakaya. Seperti yang diungkapkan oleh Agustinus Wijaya, General Manager Hokkaido Izakaya, pada Sabtu (8/9/2017).

“Izakaya sendiri merupakan tempat makan, sekaligus tempat minum yang umum di Jepang. Biasanya bila siang akan diisi dengan pengunjung umum, dan malam akan diisi dengan para pekerja yang ingin menghabiskan malam di Izakaya. Selain makan-makanan berat, mereka juga menikmati sake dan berbagai minuman lainnya di satu tempat,” ungkap Agustinus.

Lalu apa kebiasaan orang Jepang ketika berada di Izakaya? Bila sudah masuk makan siang, Izakaya akan penuh dengan orang-orang yang makan dengan cepat. Mereka biasanya memesan menu paket yang sudah ada nasi, lauk, dan sayuran. Hal ini disebabkan karena waktu makan siang mereka yang singkat, atau karena alasan kesibukan.

Bila malam sudah menjelang, Izakaya akan ramai pengunjung, mulai dari kumpul keluarga, sahabat, hingga para karyawan yang baru saja pulang kantor. Selain bercanda tawa, mereka juga menikmati berbagai sajian a la carte yang dibagi bersama di satu meja. Obrolan biasanya akan terus berlanjut dengan menikmati berbagai jenis minuman, mulai dari sake, wine, dan bir yang menjadi pelengkap makanan.

Kondisi ini biasanya membuat orang-orang asing yang baru makan di Izakaya, merasa heran dan gugup. Karena makanan dan minuman yang dipesan, boleh dinikmati oleh satu meja besar, bukan dipisah secara pribadi. Hal ini juga berlaku untuk minuman yang dipesan ketika makan di Izakaya.

Tidak lupa pula, semua makanan dibuat segar dan langsung di dapur. Tentunya hal ini menjadi perbedaan dibanding warung makan di Indonesia, karena pesana baru akan dibuat, ketika para pelanggan menginginkannya. Keunikan inilah yang membuat Izakaya, menjadi one stop place untuk bergaul, makan, dan menikmati malam dengan minuman keras di Jepang.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Kopi Susu Paling Hits di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Mengintip Serunya Festival Kuliner di Kampung Nasi Goreng