Sukses

Tips Perawatan Rambut Indah Menuju Hari Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta Selain merawat kulit tubuh, wajah, kuku dan gigi, para calon pengantin pun harus memperhatikan keindahan rambut mereka. Untuk itu berikut kami berikan 5 tips mudah untuk menjaga keindahan rambut sebelum hari pernikahan tiba:

1. Jangan memakai sampo yang mengandung formula sulfat dan/atau garam
Kebanyakan sampo yang beredar di pasaran mengandung formulasi sulfat atau garam yang kurang baik untuk rambut. Untuk itu, pastikan Anda memilih sampo yang bebas sulfat, bebas garam dan lembut untuk menghindari kerusakan pada akar atau batang rambut dan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit kepala untuk menumbuhkan rambut sehat.

2. Berhati-hatilah saat menyisir
Tahukah Anda bahwa kondisi rambut jauh lebih lemah saat basah? Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut sebelum hari pernikahan, pastikan Anda tidak langsung menyisir rambut sesaat setelah keramas – jika memang harus, gunakan sisir bergigi lebar dan semprotkan spray anti-kusut atau kondisioner tanpa bilas untuk menghindari kerontokan dan rambut patah.

3. Perhatikan penggunaan ikat rambut
Karet rambut memberikan tekanan pada serat dan akar rambut, yang kemudian melemahkan rambut dan menyebabkan kerontokan. Untuk itu, saat sedang berolahraga atau mencoba gaya rambut baru, jangan selalu memakai gaya ikat ekor kuda atau cepol yang ketat.

4. Jangan lupakan heat protection
Penataan rambut dengan catokan atau pengering rambut dapat membuat rambut kering, patah dan rusak. Untuk itu, jangan lupa kenakan krim atau spray yang melindungi rambut dari suhu tinggi setiap kali Anda menata rambut.

5. Lindungi dari matahari
Ya, selain kulit tubuh dan wajah, rambut pun harus mendapat perlindungan dari sinar matahari, terutama untuk rambut yang diwarnai. Cari produk perawatan rambut, seperti serum, minyak atau spray, yang mengandung proteksi UVA/UVB. Alternatif lainnya? Kenakan topi saat melangkah keluar rumah.

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
4 Trik Ampuh Miliki Rambut Tebal
Artikel Selanjutnya
Alasan Anda Tidak Boleh Mengeringkan Rambut dengan Handuk Biasa