Sukses

7 Cara Menciptakan Kebahagiaan di Tempat Kerja

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, bekerja di tempat yang penuh tantangan dan persaingan kadang menimbulkan banyak pikiran dan stres. Hal seperti ini yang membuat kita cenderung ingin mundur atau putus asa. Bila pekerjaan yang kita tekuni dengan hati yang senang, pastinya semuanya akan berjalan dengan lancar. Namun, hal apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat diri Anda tetap merasa nyaman dan bahagia dengan pekerjaan Anda? Coba lakukan beberapa cara berikut seperti yang dilansir dari Huffingtonpost.com, Kamis (13/07/2017).

1. Jadi diri sendiri
Usahakan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja Anda. Tentunya Anda juga harus menjadi diri sendiri, jangan sampai pekerjaan membuat Anda harus menjadi orang lain.

2. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain
Kemampuan orang dalam menciptakan prestasi di tempat kerja Anda, pastinya berbeda-beda. Jangan sampai Anda menghambat diri sendiri dengan membandingkan hasil kerja Anda dengan orang lain. Tetaplah percaya diri dengan diri sendiri serta lakukan yang terbaik yang Anda bisa.

3. Hindari Terlalu Memaksakan Diri
Bekerja keras memang perlu diterapkan di dunia kerja. Namun, bekerja keras bukan berarti Anda tidak beristirahat. Cobalah untuk lebih santai dan memberi diri Anda waktu untuk menikmati waktu istirahat. Mulailah memberikan penghargaan atau hadiah kecil untuk diri sendiri. Sebuah studi oleh Cornel mengatakan bahwa penghargaan kecil dapat membuat orang menjadi lebih murah hati, ramah dan bahagia.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

4. Jangan Bergosip dan Menghakimi

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Hindarilah bergosip ditempat Anda bekerja. Hal ini tentu sangat tidak baik, khususnya buat Anda dan orang yang sedang Anda bicarakan. Bila teman sekantor Anda mengajak untuk bergosip, usahakan menghindar. Sebelum Anda bergosip dan menghakimi, tanyakan kepada diri sendiri apabila Anda berada dalam posisi orang yang menjadi bahan gosip, apakah menyenangkan? 

5. Tata Ruang Kerja Anda
Memang ada saatnya kita merasa lelah dengan pekerjaan kita. Hal yang dapat dilakukan adalah mengembalikan rasa semangat. Cobalah tata ruang kerja dengan menempelkan gambar orang yang tersayang atau sesuatu yang menjadi favorit Anda. Hal ini tentunya akan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Jangan sampai membiarkan meja kerja terlihat kotor dan berantakan.

6. Saling Membantu
Menggunakan waktu Anda sebentar untuk menolong teman kerja Anda akan membuat mereka bahagia. Dalam studi di Harvard, karyawan yang membantu orang lain, sepuluh kali lebih mungkin fokus dengan pekerjaan. Selain itu juga 40 persen untuk mendapatkan promosi naik jabatan. Cobalah untuk terbuka dan saling menolong.

7. Jauhi Orang Bersifat Negatif
Di setiap kondisi apapun, pastinya kita akan menemukan orang yang seperti ini. Hindarilah orang yang pengadu atau kerap menghasut. Jagalah batasan diri dengan orang tersebut, ketahuilah di mana Anda akan berdiri. Jangan sampai Anda merasa tidak nyaman dengan pekerjaan Anda, gara-gara orang tersebut sering menghasut Anda.

Fellisia

 

Artikel Selanjutnya
Tips Menaikkan Produktivitas Para Miliarder yang Bisa Anda Tiru
Artikel Selanjutnya
Sedang Menganggur? Lakukan Hal Ini Biar Tetap Produktif