Sukses

Lebih Dekat dengan Hewan Albino di Maharani Zoo dan Gua Lamongan

Banyak hal menarik yang bisa ditemukan saat berwisata ke Maharani Zoo dan Gua di pesisir pantai utara Lamongan.

Liputan6.com, Jakarta Jika berkunjung ke Lamongan, Jawa Timur, sempatkan untuk berwisata di Maharani Zoo dan gua yang terletak di pesisir pantai utara Lamongan. Kebun binatang yang dibangun dengan konsep perpaduan suasana alam Afrika dan Amerika Selatan ini memang fokus sebagai sarana wisata edukasi bagi pengunjung, khususnya bagi pelajar PAUD sampai SMA. Di kebun binatang seluas 3,5 hektare ini, anak-anak bisa belajar mengenai alam dan dunia binatang.

Di sini anak-anak bisa melihat dan belajar aneka satwa, seperti jerapah, gajah, unta, dan lain sebagainya. Lebih dari 1.000 hewan dipelihara di kebun binatang yang juga merupakan tempat konservasi ini. Hewan-hewan buas seperti singa, jaguar, dan cheetah didatangkan langsung dari Afrika.

Uniknya lagi, Maharani Zoo dan Goa mempunyai koleksi satwa albino, yaitu hewan-hewan yang memiliki kelainan gen sehingga membuat bulu mereka putih pucat dan tidak berwarna. Hewan-hewan albino yang dikoleksi antara lain tupai albino, rakun albino, hingga landak albino. Koleksi satwa albino tersebut juga menjadi salah satu sarana edukasi bagi anak-anak.

Sebagai sarana edukasi, pihak pengelola menawarkan banyak aktivitas menarik yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak tentang alam dan dunia satwa. Selain dikenalkan dengan berbagai macam satwa dan diajak menyusuri goa indah yang ditumbuhi stalaktit dan stalakmit, pengelola juga menawarkan paket edukasi yang termasuk melihat atraksi satwa, melukis topeng, dan pentas panggung satwa.



Anak-anak juga bisa mempelajari dan mengamati aneka jenis bebatuan, seperti amethys, emerald, hingga batu giok. Lebih dari 1.000 batu hias cantik didatangkan dari Australia, Brasil, Tiongkok, Prancis, Argentina, Peru, dan Chile untuk melengkapi koleksi Gemstone Gallery di Maharani Zoo dan Goa.

Pengunjung akan terkagum-kagum dengan bentuk batuan yang unik dan menarik. Sebagai bahan evaluasi pembelajaran, anak-anak diberikan lembar kerja yang harus diisi untuk mengukur pemahaman mereka setelah berkeliling sambil belajar.



Tak hanya itu, jika ingin merasakan sensasi berdekatan dengan satwa, pengunjung bisa mencoba menunggangi gajah dan berjalan-jalan di atas punggung gajah, tentunya dengan didampingi pawang. Anda dan keluarga juga bisa masuk ke Taman Burung Sun Conure. Di taman ini Anda bisa memberi makan burung-burung jinak tersebut. Anda juga bisa berfoto bersama burung yang berbulu cantik dan semarak itu.



Jika ingin mengajak anak-anak mengenal dunia binatang sekaligus belajar di tempat yang rindang dan asri, Maharani Zoo dan Gua bisa jadi pilihan. Terletak di Jalan Raya Paciran Kecamatan Paciran Lamongan, sekitar 75 kilometer dari Surabaya dan bisa ditempuh selama 2,5 jam perjalanan.

Dengan harga tiket hanya Rp 49 ribu di hari biasa dan Rp 70 ribu saat akhir pekan dan hari libur, Anda bisa merasakan pengalaman berwisata sambil belajar bersama keluarga tercinta. 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.