Sukses

Kaus Kaki Pembawa Perdamaian Justin Trudeau hingga Meme Jokowi

Lihat bagaimana penampilan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, yang senang mengenakan kaus kaki unik untuk memberikan pernyataan.

Liputan6.com, Jakarta Justin Pierre James Trudeau, atau biasa dikenal dengan panggilan Justin Trudeau, merupakan Perdana Menteri ke-23 Kanada. Beberapa waktu yang lalu, dunia fashion dikejutkan dengan aksi menarik dari pria berusia 45 tahun ini.

Justin Trudeau mulai sering tampil mengenakan kaus kaki bertema di acara-acara publik. Beberapa ahli fashion menyatakan bahwa aksi Justin Trudeau ini diperhitungkan sebagai diplomasi mode, atau cara seorang pemimpin dunia untuk menyampaikan sebuah pesan yang tidak dapat diucapkan secara langsung.

Diplomasi mode biasanya dilakukan oleh politikus wanita atau istri dari pemimpin dunia melalui pakaian yang dikenakannya. Puncak aksi Justin Trudeau yang langsung menjadi sorotan publik adalah pada saat ia ikut berbaris di Gay Pride Parade, Toronto dengan mengenakan sepasang kaus kaki bergaris dan berwarna pelangi, bertuliskan kata-kata "Eid Mubarak."

 

Kaus kaki ini dinilai sebagai bentuk pengakuan Justin Trudeau atas hari besar umat Islam yang menandai berakhirnya bulan Ramadan, serta bertepatan dengan parade yang sedang berlangsung tahun ini. Ya, Justin Trudeau berusaha menghormati dua hal dengan sepasang kaus kaki yang dikenakannya.

Tidak hanya itu, Justin Trudeau juga melakukannya untuk mendukung industri lokal, karena kaus kaki tersebut dibuat oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Toronto, yaitu Halal Socks. Namun, aksi Justin Trudeau tidak berhenti di situ.

Pada 14 Juni lalu di Ottawa, Justin Trudeau pernah tampil dengan kaus kaki pelangi pada acara pengibaran bendera Pride. Selain itu, pada acara Live with Kelly and Ryan yang tayang 5 Juni lalu, Justin tampil mengenakan kaus kaki daun maple patriotik, kaus kaki serupa yang ia kenakan pada sebuah pertemuan kepala pemerintahan Kanada pada tahun 2015.

Kaus kaki unik Justin Trudeau bahkan pernah tampil di pertemuan NATO. Saat itu bulan Mei di Brussels, Justin Trudeau tampil mengenakan sepasang kaus kaki berbeda warna, biru dan pink, masing-masing memiliki gambar bendera NATO.

 

Bahkan saat menghadiri acara pertemuan dengan Enda Kenny, Perdana Menteri Irlandia, Justin Trudeau, mengenakan sepasang kaus kaki Star Wars, karena di hari tersebut merupakan International “Star Wars” Day. Hal ini dianggap menyenangkan, karena seharusnya kaum pria memiliki pilihan yang lebih sedikit dibandingkan wanita untuk menyampaikan sebuah pesan melalui pakaian.

Penampilan berani dan unik dari Perdana Mentri Kanada, Justin Trudeau yang selalu mengenakan kaus kaki pernyataan. Sumber: nytimes.com.

Kaus kaki dinilai sebagai hal yang cukup halus untuk menyampaikan pesan. Mereka tidak mengganggu, tetapi cukup terlihat untuk dilewatkan begitu saja.

Hal ini sempat menjadi bahan lelucon bagi beberapa orang. Pada pertemuan KTT G20 yang terjadi di Hamburg, Jerman, Jumat lalu ada satu waktu di mana Jokowi duduk di tengah-tengah antara Justin Trudeau dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dalam foto yang beredar di internet, ada meme yang dibuat untuk mengejek kaus kaki Justin Trudeau. Saat itu, Justin Trudeau memilih mengenakan kaus kaki warna merah, dan ekspresi Jokowi, serta Macron yang tertawa terlihat pas dengan lelucon yang dibuat.

Aksi Justin Trudeau ini dinilai sebagai simbol keberhasilannya untuk merangkul multikulturalisme sebagai seorang pemimpin dunia yang tidak terikat oleh tradisi kuno dan adat istiadat. Jadi, kira-kira kaus kaki apalagi yang akan dikenakan oleh Justin Trudeau dalam waktu dekat?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.