Sukses

Cara Sederhana Rawat Perhiasan Perak agar Terjaga Kilaunya

Agar kilau perhiasan perak tetap terjaga, diperlukan perawatan tepat untuk mempertahankannya. Simak cara sederhana berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Perhiasan perak bisa kehilangan kemilaunya bila tak dirawat secara benar. Saat terkena air misalnya, kemilau perak bisa hilang karena reaksi yang terjadi saat bersentuhan dengan polutan dan udara.

Jika ingin perhiasan perak Anda tetap awet seperti saat membelinya, simak tips berikut seperti diungkapkan Direktur sekaligus CEO salah satu merek perhiasaan di India, Anuradha Ramam dan Tarang Arora.

1. Jauhkan dari air

Lepaskan perhiasan Anda sebelum mandi atau bahkan sebelum mencuci tangan dan tentunya hindari memakai perhiasan keluar rumah saat sedang hujan.

2. Hindari pembersih cairan

Cairan pembersih bisa menyebabkan kekusaman pada perhiasan kesayangan Anda, bahkan cairan khusus perak. Cairan pembersih perak bisa merusak lapisan anti-noda dan patina berharga yang dimiliki perak.

Bila perlu bawa perhiasan Anda ke pembersih perak profesional atau perhiasan Anda agar bisa ditangani secara tepat, sehingga kilau, kecemerlangan dan fleksibilitasnya tetap terjaga.

3. Simpan di tempat khusus

Penting untuk menyimpan perhiasan perak secara benar. Sebaiknya simpanlah di kotak tersendiri perhiasan perak Anda. Sebelumnya lapisi dinding kantung atau kotak dengan kapas tipis, atau bisa juga kain katun. Pastikan wadah yang digunakan tahan lembap dan tidak mudah terpapar udara dan cahaya.

4. Ada ramuan sederhana yang bisa digunakan

Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring ringan atau sabun bebas fosfat dengan air bersuhu suam-suam kuku sebagai pilihan pertama Anda untuk membersihkan perhiasan. 

Minyak zaitun dan jus lemon merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan perak Anda. Campur setengah cangkir jus lemon dengan satu sendok teh minyak zaitun dalam mangkuk. Ambil kain kecil, lalu celupkan kain ke dalam larutan dan peras. Setelah itu poles, bilas dan keringkan perak Anda. Demikian seperti dilansir Indian Express.

(Lia Wanadriani Santosa/Monalisa/Antara News)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.