Sukses

Yes! Taman Nasional Komodo Sambar World Top 10 Best Destinations

Award dilansir majalah National Geographic dengan headline '100 Best Destinations around the world in four seasons' edisi Juli 2017.

Liputan6.com, Jakarta Setelah Bali dikukuhkan sebagai The World’s Best Destinations with Travellers Choice oleh TripAdvisor, sekarang giliran Taman Nasional Komodo (TNK) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masuk dalam daftar 10 destinasi terbaik sedunia. Award tadi dilansir majalah National Geographic dengan headline '100 Best Destinations around the world in four seasons' edisi Juli 2017.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menpar Arief Yahya langsung merespon positif award tadi. Keduanya sulit menyembunyikan rasa bangga, karena destinasi prioritas itu terus melambung. Dua tokoh nasional itu berharap prestasi tadi bisa diikuti destinasi wisata lainnya.

"Ini kan pilihan orang asing. Standarnya pasti global. National geographic sangat berwibawa, kita bangga bahwa di Indonesia ada Taman Nasional Komodo yang bisa menembus top 10 destinasi terbaik sedunia. Itu menandakan bahwa upaya kita mempopulerkan komodo itu berhasil. Destinasinya sangat menarik untuk dikunjungi orang luar,” tutur Wapres Jusuf Kalla, Selasa (4/7).

Ucapan JK memang tidak mengada-ada. Pesona Taman Nasional Komodo pernah menaklukkan rider MotoGP sekelas Valentino Rossi. Saat berlibur di Labuan Bajo, Januari 2017, Rossi tak segan membagikan foto dan keseruan liburannya bersama komodo ke lebih dari 13 juta followers di Facebook, 4,7 juta pengikutnya di Twitter dan 3,7 juta fansnya di Instagram.

Selain fakta tadi, mamalia langka yang oleh warga Flores sering dinamai “buaya darat” itu juga pernah masuk nominasi seven wonder world. "Yang terpenting pengelolaan hospitality harus baik dan fasiltiasnya bukan hanya komodo. Ada Pantai Pink Beach di situ, bisa dijadikan spot menyelam. Dan di komodo itu ada pantai yang baik, orang bisa tinggal di kapal untuk merasakan sesuatu yang lain," terangnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikutan sumringah. Bagi dia, award tadi sangat menghentakl Country Brand Wonderful Indonesia juga akan menjadi makin tajam. “Award ini memiliki tiga makna yang sering saya sebut sebagai 3C. Yang pertama menaikkan confidence sebagai bangsa. Berikutnya mengangkat credibility sebagai negara. Satunya lagi berfungsi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia itu. Sudah sampai di mana jika dilihat dari kacamata global standart? Award tadi menandakan kita bisa bersaing,” ucap Menpar Arief Yahya.

Pengakuan tadi membuat pamor Taman Nasional Komodo makin mendunia. Sebelumnya, peraih Oscar lewat film Shakespeare in Love, Gwyneth Paltrow, juga pernah membuat testimoni soal Komodo.

“Labuan Bajo dengan komodonya pernah diendorse bintang sekelas Gwyneth Paltrow. Sekarang direview positif oleh National Geograpic. Terimakasih saya ucapkan kepada pembaca National Geographic dari seluruh penjuru dunia yang sudah mereview positif tentang Taman Nasional Komodo sehingga menjadi destinasi terbaik dunia,” kata Menpar Arief Yahya.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini