Sukses

Intip Torpedo Factory Art Center, Pusat Seni Dunia di Alexandria

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pencinta seni, mungkin sudah tidak asing mendengar nama Torpedo Factory Art Center di Alexandria Old Town. Ya, Torpedo Factory Art Center merupakan salah satu bangunan yang dianggap sebagai pusat seni dunia.

Menjadi bangunan yang berdiri paling unik di Alexandria Old Town, King Street, Virginia, Torpedo Factory Art Center terletak di ujung King Street, persis di tepi pelabuhan nasional Alexandria Old Town. Torpedo Factory Art Center didirikan pada 1918 sebagai pabrik pembuatan torpedo dan hanya sempat beroperasi selama lima tahun sebagai pabrik.

Torpedo Factory Art Center beralih fungsi menjadi pusat seni dunia pada 1974, saat Liga Seni memperoleh izin dari pemerintah Alexandria Old Town untuk menjadikan tempat ini sebagai studio dan galeri para seniman. Menurut kesepakatan, Torpedo Factory Art Center seharusnya menjadi proyek percobaan selama tiga tahun, menyambut ulang tahun Alexandria Old Town yang ke-200.

Namun, pada tahun 1983, pemerintah kota justru merobohkan gedung di seberang Torpedo Factory Art Center dan merenovasi Torpedo Factory Art Center menjadi gedung yang lebih modern dengan menambahkan lantainya. Sekarang, setelah 40 tahun berlalu, Torpedo Factory Art Center masih menjadi pusat seni dunia dan salah satu tempat wisata yang paling diminati pengunjung.

Torpedo Factory Art Center memiliki 165 seniman yang berkarya di dalam setiap harinya, seperti seni patung, lukis, hingga perhiasan. Hal yang lebih menarik adalah para seniman berasal dari berbagai kalangan, seperti pengungsi PD II dan petualang yang telah berkeliling dunia.

Para seniman di Torpedo Factory Art Center berkontribusi besar untuk menguatkan kesan Alexandria Old Town sebagai kota yang bersejarah dan kaya akan ekspresi seni. Selamat menonton!

Saksikan Live Streaming Inspirato

Tutup Video