Sukses

Daftar Kedai Kopi Anak Bangsa yang Makin Dicintai Penikmat Kopi

Di tengah ketatnya persaingan bisnis kopi Nusantara, beberapa kedai ini makin punya tempat di hati masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi jika Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi unggulan yang diakui dunia. Mulai dari timur, yaitu kopi Bajawa, kopi Toraja, hingga kopi Bali, Lampung, dan Aceh di bagian barat, Indonesia menjadi lumbung bagi keanekaragaman kopi Nusantara.

Di masyarakat perkotaan sendiri bahkan tradisi minum kopi bukan lagi sekadar gaya hidup, tetapi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Tak heran jika di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, makin banyak bermunculan kedai kopi anak bangsa yang menawarkan beragam sajian dari biji kopi Nusantara. Berikut empat kedai kopi anak bangsa yang mulai dikenal para pencinta kopi Nusantara, seperti yang disusun Liputan6.com, Rabu (5/7/2017).

Kedai Locale
Meski bukan kedai yang khusus menyajikan kopi, Locale dianggap salah satu tempat minum kopi terbaik di Jakarta. Berada di kawasan Rawamangun, tepatnya di Jalan Balai Pustaka, Kedai Locale menyajikan beragam jenis dan olahan kopi, salah satu yang terbaik adalah Toraja Coffee. Mengusung konsep “wood”, interior Kedai Locale didominasi oleh kayu yang membuat pengunjung merasakan sensasi teduh khas rumah tradisional Indonesia. Kini, Kedai Locale telah membuka cabangnya di kawasan Kelapa Gading.

Simak juga video menanrik berikut ini:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toko Kopi Tuku

Siapa yang tidak kenal dengan kedai kopi Nusantara yang satu ini? Setelah dikunjungi keluarga Presiden Joko Widodo, Toko Kopi Tuku menjadi kedai kopi yang makin dikenal di kalangan anak muda Jakarta. Kedainya yang berlokasi di tengah permukiman masyarakat, tepatnya di Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan, menunjukkan bahwa Tuku punya ambisi besar membentuk sebuah rutinitas dan kultur baru dalam menikmati kopi Nusantara. Kopi Tetangga menjadi salah satu produk unggulan Toko Kopi Tuku yang digemari banyak orang.

3 dari 4 halaman

Anomali Coffee

Berangkat dari keyakinan bahwa minum kopi merupakan salah satu warisan budaya bangsa, kedai Anomali mulai menancapkan eksistensinya dalam dunia perkopian Tanah Air pada 2007. Hingga saat ini, Anomali Coffee masih menjadi salah satu kedai kopi terkemuka yang masih diperhitungkan keberadaannya di tengah ketatnya persaingan bisnis kedai kopi di Indonesia. Kedai ini terkenal dengan varian rasa kopi Nusantaranya yang bercita rasa dan aroma yang spesial. Kini, Anomali punya delapan kedai kopi yang ada di Jakarta dan Bali, salah satunya berada di kawasan Menteng.

4 dari 4 halaman

Kopi Kultur

Memulai langkah dengan idealisme bahwa kopi bukan hanya sekadar komoditas belaka, Kopi Kultur terus mengibarkan benderanya sebagai salah satu kedai kopi terkemuka di Indonesia yang mampu bersaing. Dengan keyakinan bahwa sajian kopi terbaik berasal dari tangan yang baik, Kopi Kultur bukan hanya menjual kopi, melainkan juga menghargai seluruh prosesnya. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dibentuknya kemitraan dengan petani kopi dan komunitas, sehingga nilai ekonomi kopi bisa dimanfaatkan seluruh anak bangsa. Bermarkas di Badung, Bali, Kopi Kultur punya sajian kopi Bali yang digemari banyak penikmat kopi Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.