Sukses

6 Alasan Mengapa Anda Belum Mulai Menabung

Liputan6.com, Jakarta Dana cadangan atau tabungan dapat digunakan bila ada keperluan yang tidak terduga. Selain itu, tabungan dapat Anda gunakan untuk membeli barang atau berlibur yang telah direncanakan. Namun, bagi sebagian orang, menabung bukanlah sebuah pilihan. Apakah yang membuat orang belum mau menabung? Dilansir dari Aol.com, Rabu (5/7/2017), inilah enam alasan mengapa orang masih belum mau menabung

1. Anda tidak memiliki tujuan
Menurut perencana keuangan Joseph Carbone, Jr dari Focus Planning Group, orang yang tidak mempunyai tujuan akan lebih mengalami kesusahan pada masa depannya. Anda akan kebingungan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, bila Anda tidak memiliki tabungan. Hal ini tentu harus dilakukan, mempertimbangkan keperluan untuk masa depan Anda. Serta, memikirkan apa yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Menghabiskan uang sembarangan
"Bila Anda selalu menghabiskan uang setiap bulannya, Anda diharuskan untuk membuat anggaran keuangan," jelas Peter Huminski, President and Wealth Advisor di Thorium Wealth Management. Pemborosan muncul dalam beberapa bentuk, dan tidak sama untuk setiap orang. Kebiasaan mengunjungi pusat perbelanjaan setiap minggu, bisa saja membuat Anda mengeluarkan uang secara berlebih.

3. Tidak menyusun Anggaran
Anda mulai merasa uang yang dikeluarkan semakin banyak dan uang yang Anda punya menipis. Hal ini disebabkan karena Anda tidak memiliki anggaran. Sebaiknya mulailah menyusun anggaran keuangan sendiri, sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang harus dibeli dan tidak. Membuat anggaran keuangan juga membantu Anda dalam menabung.

4. Tidak bertindak
Sering kali orang meyakini dirinya bahwa mereka telah mengatur keuangan dengan baik. Namun, pada situasi sebenarnya tidak seperti apa yang telah diharapkan. Bila apa yang telah Anda rencanakan selalu saja tidak sesuai ekspektasi, mungkin "kurang tindakan" adalah salah satu penyebabnya. Mulailah memikirkan hal yang baik untuk keuangan Anda dan bertindaklah.

5. Tidak bisa mengatakan ''tidak''
Hasrat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup memanglah sangat sulit untuk ditahan. Namun, barang yang tidak terlalu penting untuk kebutuhan sebaiknya tidak perlu Anda turuti. Bisa saja itu hanya keinginan semata, biasakan untuk mengatakan tidak kepada diri sendiri, sehingga keuangan akan semakin stabil dan mulai menabung.

6. Pemikiran Akhir
Anda telah menabung, tetapi tetap saja uang yang disimpan selalu saja habis. Bila hal ini telah terjadi dalam beberapa bulan, mungkin Anda harus memikirkan beberapa kemungkinan. Bisa saja apa yang telah direncanakan berbeda dengan tindakan yang diambil. Anda berpikir ingin menabung, tetapi tidak bisa? Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu, apa yang menjadi penghambat untuk lebih maju.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis
Artikel Selanjutnya
9 Tanda Anda Butuh Istirahat dari Bekerja