Sukses

Mengapa Anda Perlu Pertimbangkan Jadi Freelancer Setelah Wisuda?

Liputan6.com, Jakarta Wisuda dan resmi mendapat gelar sarjana memang tidak selamanya menyenangkan, pasalnya selain harus meninggalkan dunia kampus yang penuh kenangan, setelah wisuda Anda juga akan dihadapkan dengan pertanyaan besar “kemana saya harus melangkahkan kaki selanjutnya?”

Meninggalkan masa muda dan masuk ke dunia nyata tentu bukan suatu peralihan yang mudah, Anda perlu merencanakan dan memikirkan apa yang hendak Anda lakukan, di mana Anda akan berkarier, dan bagaimana cara mendapatkan pekerjaan impian?
Salah satu cara terbaik untuk menemukan jawaban-jawaban itu adalah dengan memilih menjadi seorang freelancer. Mengapa demikian? Seperti yang disarikan dari laman freelancer, Selasa (4/7/2017), berikut alasan mengapa menjadi seorang freelancer setelah wisuda patut dipertimbangkan.

Membantu Menemukan Pekerjaan Impian
Banyak orang merasa mendapat tekanan besar jika setelah lulus belum juga mendapat pekerjaan. Alhasil Anda merelakan diri bekerja di perusahaan atau tempat yang sebenarnya tidak sesuai dengan keinginan, passion, dan bakat Anda, demi mendapat status “telah bekerja”. Padahal dengan menjadi seorang freelancer di tahun pertama kelulusan bisa membantu Anda menyusun strategi, mengetahui dunia pekerjaan, dan membuka jaringan, sehingga mampu memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan impian nantinya.

Freelance Memberi Pengalaman Pekerjaan
Terkadang perusahaan memberikan syarat pengalaman kerja yang cukup saat merekrut karyawan baru. Inilah fungsi dari freelance di tahun pertama setelah wisuda. Dengan menjadi seorang freelancer sebelum masuk ke dunia kerja sesungguhnya juga turut membantu Anda saat proses wawancara dan memperkaya portofolio pengalaman kerja Anda.

Membuat Anda Lebih Percaya Diri dalam Wawancara Kerja
Freelance merupakan profesi istimewa yang bisa Anda lakukan sebelum mendapat pekerjaan tetap. Selain bisa memenuhi kebutuhan hidup sendiri tanpa tergantung orangtua, freelance mampu membuat Anda lebih percaya diri sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Punya Kebebasan Menentukan Hidup
Banyak orang merasa terkungkung selama pendidikan, uang habis untuk beli buku, waktu terpakai untuk belajar. Tak heran jika banyak lulusan sarjana memilih untuk menikmati hidup terlebih dahulu dengan menjadi seorang freelancer. Siapa yang tidak ingin hidup tanpa rutinitas jam kerja, namun penghasilan tetap ada. Bahkan tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi dari uang selama menjadi seorang freelancer.

Simak juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Trik Cerdik Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda
Artikel Selanjutnya
4 Perubahan Kecil Ini Dijamin Bikin Pede dan Enteng Jodoh