Sukses

12 Cara Mengecilkan Perut Setelah Lebaran Tanpa Olahraga dan Diet

Khilaf menyantap makanan saat Lebaran? Bikin perut rata lagi dengan 12 cara ini tanpa diet dan olahraga. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Lebaran identik dengan makan-makan di setiap kesempatan. Karena banyak makanan, biasanya mulut tak pernah berhenti mengunyah. Mulai dari makanan berat sampai kue kering yang ada di atas meja.

Alhasil, banyak yang mengalami kenaikan berat badan setelah Lebaran. Hal itu terlihat dari penambahan lingkar perut yang pastinya bikin kita kurang percaya diri.

Bagi Anda yang ingin perut rata kembali setelah Lebaran, praktikkan 12 cara yang dilansir dari elle.com, Senin (3/7/2017) ini.

1. Atur Postur Tubuh
Coba untuk membiasakan diri mengatur postur tubuh. Menurut Kim Lyons, pelatih olahraga, di saat kita membiasakan diri untuk mengatur postur tubuh yang benar maka secara otomatis bisa mengencangkan otot perut.

2. Konsumsi banyak air
Memperbanyak minum air putih dapat membuang hal yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dengan mudah. Lyon menyarankan untuk meminum delapan gelas air putih dalam sehari.

3. Perbanyak H2O
Direktur Nutrisi di Good Houskeeping Institute Jaclyn London mengatakan, cairan tubuh yang kita dapatkan bisa berasal dari sayur-sayuran atau buah-buahan. Mulailah mengonsumsi sup dan salad.

4. Konsumsi Almond
Kacang almond memiliki lemak tak jenuh, omega 9, omega 6, dan omega 3, yang baik sebagai camilan. Kacang almond juga memiliki protein tinggi, yang dapat mengusir lemak di perut Anda.

5. Meminum kopi
Kopi memiliki kadar kafein alami yang dapat membantu mempercepat atau mendorong proses metabolisme dalam tubuh. Lemak dalam tubuh pun dapat dibakar.

6. Jangan Lupa sarapan
Sarapan pagi dengan susu low fat dengan sereal akan membatu mengecilkan perut Anda. Menjalani diet pada makanan yang mengandung kalsium, akan membantu proses diet. Susu yang memiliki kalsium, potasium, dan magnesium tinggi juga membantu mengimbangi sodium dalam tubuh Anda.

7. Buang Air Kecil
Sering kali kita menahan atau menunda untuk membuang air kecil. Menurut Profesor Kebidanan dan Ginekologi di University of California, Judith Reichman, hal kecil tersebut menghambat proses pengecilan perut. Saat membuang air kecil, Anda juga meluruhkan racun atau sampah dari dalam tubuh.

8. Nikmati Makanan Anda
Tidak usah terburu-buru saat menyantap makanan. Setidaknya kunyahlah 10 kali dalam satu suapan, atau gigitan yang masuk dalam mulut sebelum ditelan. "Tubuh kita bekerja keras dalam mengurai makanan di dalam perut dan usus. Jika kita terburu-buru akan menyebabkan gas dan gangguan pencernaan," kata Dr Reichman. Apalagi saat kita makan terburu-buru, udara yang masuk ke dalam perut dapat menyebabkan perut cepat kembung.

9. Mengonsumsi Probiotik
"Probiotik adalah bakteri baik yang membantu sistem pencernaan dalam mengurai makanan dan mencegah masalah gastroinestinal yang membuat Anda tidak memiliki perut rata," ujar Ahli gizi, Jonny Bowden PhD, penulis The Natural Cures On Earth. Makanan yang kaya denga Probiotik adalah yogurt, kimchi, miso, dan asinan kubis.

10. Kurangi Permen Karet
Terlalu sering mengunyah permen karet juga dapat menghambat Anda dalam mengecilkan perut. Semakin banyak mengunyah, semakin banyak udara yang masuk ke dalam perut Anda. Ganti permen karet dengan menghirup mint.

11. Bersantai
"Di saat tubuh lelah dan pikiran stres, tubuh anda akan meningkatkan produksi steroid dan hormon stres. Hal ini mengganggu sistem pencernaan yang dapat menyebabkan perut Anda sembelit," ucap Dr Reichman.

Bagaimana, sudah siap punya perut rata lagi setelah Lebaran? Selamat mencoba!

Saksikan Video Menarik Berikut ini:


Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.