Sukses

Ini 5 Profesi yang Cocok untuk Si Introvert

Liputan6.com, Jakarta Sifat manusia pastinya beragam, ada yang terbuka dan ada juga yang tertutup. Bagi mereka yang punya sifat introvert, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan saat harus meniti karier. Sebab, dunia kerja pasti lebih menantang dan penuh dengan persaingan.

Bagi mereka yang ekstrovert, kesempatan berkarier mungkin lebih luas karena mereka selalu terbuka dan berani dengan segala tantangan yang tersedia.

Tapi tenang, bagi yang introvert jangan sedih dan galau. Mungkin lima profesi rekomendasi dari DuitPintar.com ini bisa jadi pertimbangan dalam meniti kesuksesan di dunia kerja.

1. Graphic Designer
Seorang desainer grafis wajib punya jiwa seni yang tinggi. Kalau tidak, hasil karyanya tak akan digunakan.
Bagi Anda yang merasa golongan introvert dan memiliki kreativitas tinggi, bisa mempertimbangkan pekerjaan yang satu ini sebagai profesi.

Sebab, pekerjaan graphic designer tidak mengharuskan mereka untuk sering berinteraksi dengan orang lain. Paling mentok cuma ada brief dari atasan atau klien soal desain yang diinginkan. Itu pun bisa dilakukan via e-mail, tak harus bertatap muka langsung. Cocok, kan?

2. Penulis
Profesi lain yang juga sangat pas bagi si introvert adalah penulis. Lewat profesi yang satu ini, si introvert tak perlu bertemu dan berkomunikasi langsung dengan banyak orang. Mereka tak perlu keluar dari zona nyamannya namun tetap bisa berkarya lewat kata-kata.

Jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, mereka bisa menjadi penulis novel, content writer, atau bahkan penulis naskah film-film besar. Yang dibutuhkan hanya daya imajinasi yang tak terbatas dan gaya penulisan yang baik.

3. Programmer
Pasti tahu profesi yang selalu utak-atik website serta membuat program dan sistem yang memudahkan pekerjaan kita sehari-hari? Mereka ini yang biasa disebut programmer.

Pekerjaan yang satu ini pastinya butuh konsentrasi tinggi, sebab harus berhubungan dengan coding atau bahasa pemrograman. Tingkat kerumitannya yang tinggi sangat cocok untuk si introvert.


4. Akuntan dan Staf Administrasi
Teliti, jeli, dan rapi adalah tuntutan pekerjaan seorang akuntan dan staf administrasi. Pekerjaanyang satu ini erat kaitannya dengan data dan angka-angka yang bukan main banyaknya.

Tapi justru profesi yang seperti inilah yang dicari oleh si introvert. Lagi-lagi, mereka akan memilih profesi yang tidak mengharuskan mereka untuk bertemu dengan banyak orang. Mereka akan lebih mensyukuri tugas-tugas merapikan data dan membuat kalkulasi yang bertumpuk daripada meeting di luar dengan calon klien. Bisa jadi mimpi buruk.

5. Penerjemah
Kurang lebih hampir serupa dengan penulis, menjadi penerjemah juga merupakan profesi yang bisa dipilih oleh si introvert. Seorang penerjemah bekerja secara diam-diam dengan berbekal kemampuan bahasa asing yang mumpuni.

Seorang penerjemah juga harus teliti dan punya kemampuan interpretasi kalimat yang apik. Bagi si ekstrovert, jadi penerjemah pasti membosankan karena berkutat dengan begitu banyak lembaran kertas.


Tanpa harus berusaha mengubah diri, seorang introvert bisa mengembangkan potensinya di bidang-bidang pekerjaan tertentu dan bisa sukses juga dalam pencapaian karier. Kuncinya adalah usaha, komitmen, dan konsistensi.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
6 Hal Ini yang Membuat Anda Masih Single
Artikel Selanjutnya
Tak Punya Passion? Kenali Keahlian Anda Dengan Cara Berikut