Sukses

Sayang, Meski Mudik Ke Indonesia Obama Gagal Cicipi Kuliner Ini

Selama perjalanannya, Obama mengungkap ada kuliner yang tidak bisa dicobanya saat mampir ke Indonesia. Apakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran Obama di Indonesia memberikan sejuta cerita bagi masyarakat. Mulai dari kunjungannya ke berbagai kota di Indonesia, hingga pidato pertamanya di Benua Asia setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-44. Namun, selama perjalanannya, Obama mengungkap ada kuliner yang tidak bisa dicobanya saat mampir ke Indonesia. Apakah itu?

Pada perjalanan Obama dan keluarga yang dimulai Jumat (23/6/2017), suami dari Michelle Obama ini sudah berkeliling beberapa kota. Mulai dari mengunjungi Pulau Bali sambil melihat sistem pertanian subak, menjelajahi Yogyakarta sambil melihat Candi Borobudur dan Prambanan, hingga diundang makan siang oleh Presiden Joko Widodo di Kebun Raya Bogor. Tentunya, sudah banyak makanan tradisional tiap daerah yang dinikmati oleh Obama dan para rombongan.

“Ya, saya makan banyak di sini. Setiap saya melangkah, ada saja yang menawarkan makanan. Hei, sate Obama, baso, tempe, nasi goreng, Pak! Jadi saya makan banyak,” ujar Obama pada pidatonya di Kongres Diaspora Indonesia di Mal Kota Kasablanka, Sabtu (1/7/2017).

Namun, hingga akhir perjalanan mudik Obama di Indonesia, ada sebuah kuliner yang masih membuatnya penasaran. Bahkan, ia mengaku, belum pernah mencoba makanan tradisional yang satu ini, meski sudah tenar di masyarakat.

“Ya, tapi saya tetap mencari sebuah kuliner yang belum sempat saya makan, seperti es cendol. Saya belum pernah coba,” ungkap Obama.

Cendol red bean| Via: gpkoner.blogspot.com

Es cendol sendiri merupakan minuman khas dari Sunda yang dibuat dari tepung beras dan disajikan dengan es parut. Minuman ini memiliki rasa manis dan gurih, dari perpaduan rasa gula merah dan santan yang dicampurkan ke dalamnya. Tentunya sensasi kesegaran cendol sangat pas dengan keadaan Indonesia, yang selalu hangat.

Tentunya kuliner ini akan sangat pas dinikmati saat Obama berkeliling Candi Borobudur atau Candi Prambanan pada siang hari yang hangat. Semoga pada mudik Obama yang akan datang, presiden yang dulu pernah sekolah di SDN 01 Menteng ini bisa mencicipi es cendol yang nikmat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.