Sukses

3 Tanda Harus Setop Gunakan Ulang Botol Plastik

Liputan6.com, Jakarta Botol plastik merupakan salah satu andalan banyak orang untuk menyimpan air minum. Bahkan lantaran kepraktisannya, botol plastik mungkin kerap digunakan berulang-ulang. Padahal hal itu dapat berisiko pada kesehatan yang serius bagi tubuh.

Namun di antara botol plastik, ada pula yang aman digunakan berkali-kali. Lantas, seperti apa botol yang tidak aman? Melansir dari laman Brightside, Rabu (5/7/2017), ada tanda-tanda dari botol plastik yang sebaiknya tidak digunakan berkali-kali.

1. Lihat tanda di dasar botol
Botol plastik kadang mengandung bahan kimia berbahaya. Perhatikan selalu tanda di dasar botol yang berbentuk segitiga. Jika bertanda 1 (PET atau PETE) maka botol hanya aman digunakan sekali pakai.

2. Botol plastik dapat menyimpan banyak bakteri
Mungkin Anda berpikir botol plastik selalu bersih karena hanya diisi air. Padahal para ilmuwan berkata, botol plastik dapat sangat kotor. Jumlah bakteri di botol minum bisa sama dengan jumlah di toilet.

Ini karena Anda menyentuhkan dengan tangan yang kotor, tidak mencucinya, dan kadang menyimpan air hangat di dalamnya. Maka botol plastik perlu selalu dicuci, terutama yang bukan sekali pakai.

3. Hati-hati pada leher botol
Meski telah mencucinya, kadang leher botol plastik kurang mendapat perhatian ekstra. Padahal bagian ini adalah yang paling kotor. Jika Anda tidak mencucinya dengan cukup bersih, di sana ada bakteri yang dapat menyebabkan hepatitis A.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

Artikel Selanjutnya
6 Manfaat Lain dari Tepung Maizena yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
Aluminium Foil Ternyata Banyak Manfaatnya