Sukses

Kiat Jitu Gelar Pesta Pernikahan Impian dengan Anggaran Terbatas

Percaya atau tidak, Anda tidak perlu mengeluarkan uang ratusan juta untuk dapat menggelar pesta pernikahan impian.

Liputan6.com, Jakarta Percaya atau tidak, Anda tidak harus mengeluarkan uang ratusan juta untuk dapat menggelar pesta pernikahan impian. Berikut kami hadirkan beragam tips dan trik untuk dapat menghemat biaya tanpa harus mengorbankan visi pernikahan idaman.

1. Pilih tanggal yang tepat
Wajar saja jika menikah pada tanggal-tanggal atau bulan populer dapat membuat Anda mengeluarkan biaya lebih. Sama halnya dengan menggelar pernikahan pada musim liburan. Untuk itu, hindari bulan-bulan pada akhir tahun dan tanggal-tanggal cantik. Anda juga dapat memilih hari kerja untuk menghemat biaya.

2. Belajarlah bernegosiasi
Jangan takut bernegosiasi dengan vendor pernikahan dan meminta mereka untuk fleksibel dengan harga yang mereka berikan. Jika mereka tidak bisa mengurangi harga, mungkin mereka dapat memberi rujukan vendor alternatif atau ide pernikahan yang lebih pas dengan anggaran Anda.

3. Sewa saja
Untuk hal-hal yang hanya akan dipakai sekali, seperti gaun pengantin, busana para bridesmaid, kotak seserahan, atau dekorasi pernikahan, lebih baik menyewa daripada membelinya. Dengan begitu, Anda dapat menghemat uang dan mengalokasikan anggaran ke hal lain.

4. Pilih yang lokal
Memilih bunga impor atau menyewa fotografer pernikahan dari luar kota atau negeri tentu akan lebih memakan biaya. Untuk mengatasinya, cukup pilih vendor dan benda-benda yang ada secara lokal agar lebih hemat.

5. Kurangi jumlah tamu
Tentu saja dengan jumlah tamu yang lebih sedikit, Anda dapat memangkas biaya makanan, suvenir dan undangan serta memilih lokasi pernikahan yang lebih kecil.

6. DIY (Do It Yourself)
Jika Anda ahli dalam berkreasi dan membuat aneka prakarya, Anda dapat menghemat uang dengan membuat berbagai hal sendiri. Namun jika Anda sudah disibukkan dengan berbagai tugas dan pekerjaan, hindari stres dengan proyek "DIY" yang mudah dan sederhana. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.