Sukses

Ingin Tidur Nyenyak dengan Cepat? Ikuti Tips Ini

Meski menjadi kebutuhan dasar, tidur merupakan hal mewah yang bisa dilakukan sebagian orang.

Liputan6.com, Jakarta Meski menjadi kebutuhan dasar, tidur merupakan hal mewah yang bisa dilakukan sebagian orang. Sebab, tidak semua orang dapat tidur dengan nyenyak dengan segera.

Mereka cenderung sulit tidur pada malam hari. Hal ini tentu saja mengganggu, sebab keesokan harinya Anda harus bangun dan kembali beraktivitas.

Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, produktivitas dapat menurun. Anda sulit untuk berkonsentrasi lantaran kurang tidur. Agar segera tidur nyenyak, ada tips yang dapat Anda lakukan seperti dilansir dari Your Tango, Jumat (30/6/2017), berikut.

1. Sinar matahari
Paparan sinar matahari selama siang hari dapat sangat membantu Anda untuk tidur dengan normal. Sinar matahari alami dapat meregulasi produksi melatonin alias hormon tidur di tubuh.

2. Kurangi konsumsi air pada malam hari
Air memang penting bagi tubuh, tetapi sebaiknya cukupi kebutuhan minum air pada siang hingga sore hari. Pada malam hari, saatnya tubuh untuk menguranginya karena akan mengganggu tubuh yang sudah akan tidur. Banyak minum di malam hari juga menyebabkan Anda mudah terbangun saat tidur untuk buang air.

3. Hindari paparan cahaya menjelang tidur
Jika Anda terus terkena paparan cahaya, maka produksi melatonin akan terganggu. Hal ini menyebabkan Anda sulit untuk tidur. Cahaya di sini juga termasuk yang berasal dari alat elektronik.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Tidur

4. Konsumsi magnesium
Mineral ini dapat membantu Anda untuk rileks, baik otot dan otak Anda. Almond, mete, dan biji labu, serta sayuran hijau adalah sumber magnesium yang baik. Anda juga dapat minum suplemen magnesium.

5. Jaga kadar kortisol tetap rendah
Kortisol merupakan hormon stres. Hormon ini membuat tubuh tetap terjaga dan waspada. Maka, wajar saja bila Anda sulit tidur. Produksi hormon ini akan naik jika Anda membaca berita yang tidak menyenangkan, menonton film horor, atau mengingat-ingat kejadian buruk.

6. Tidur siang
Kegiatan ini tidak akan menyulitkan tidur malam jika dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Salah satu alasan sulit tidur pada malam hari adalah tubuh terlalu lelah. Maka, tidur siang akan membantu tubuh lebih rileks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.