Sukses

Inilah 13 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Semarang

Liputan6.com, Semarang Anda pemudik yang tujuan akhirnya di Semarang Jawa Tengah. Jangan lupa berwisata ke beberapa destinasi yang oke di sana. "Bawa kamera, atau HP yang bisa langsung diposting di Media Sosial! Jangan lupa hashtagnya #WisataJalurMudik dan #MudikPenuhPesona," kata Arief Yahya Menteri Pariwisata RI.

Menurut Menpar Arief, kekuatan community netizen itu kuat. Suaranya didengar oleh banyak pihak. "Foto-fotonya juga dilihat banyak orang. Karena itu, share kebahagiaan dan keceriaan di Lebaran 2017 ini di semua platform media sosial," kata Arief Yahya.

1. Masjid Agung Jateng
Masjid Agung di Jalan Gajah Raya Semarang ini wisata religi muslim yang megah. Dengan tower masjid yang fenomenal bisa melihat kota dari atas. Dilengkapi museum Islam dan arsitek Mekah-Medinah.

2. Pantai Maron
Wisata lepas pantai sekitar 10 menit dari Bandara A Yani. Anak dan keluarga bisa mandi di pantai yang masih perawan tersebut sambil melihat pesawat terbang melintas. Kuliner murah seperti gorengan nasi minuman es degan tersaji lengkap.

3.Lawang Sewu
Wisata bangunan kuno di tengah kota Semarang. Dibangun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu yang berarti punya seribu pintu berasal dari bentuk bangunannya yang mempunyai banyak pintu dan jendela. Arsitekturnya luar biasa.

4. Taman Lele
Kampung wisata alam sekaligus taman hiburan keluarga di kota Semarang. Memiliki luas 2 hektare dan aneka permainan keluarga air dan darat. Terdapat juga kebun binatang mini dan penginapan.

5. Pantai Marina
Pantai rekreasi yang berada di jalan Yos Sudarso kurang lebih 4 km dari Simpanglima Semarang. Bersebelahan dengan Puri Mareokoco cocok untuk refreshing dengan duduk duduk di bawah pohon sambil memandang lepas pantai. Jaraknya hanya 500 meter dari Bandara Ahmad Yani. Jika bernyali bisa naik perahu ke tengah pantai.

6. Pagoda
Vihara Buddhagaya Watugong adalah Vihara setinggi 45 meter yang masuk MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Terletak di Jln Perintis Kemerdekaan Watugong, 45 menit dari pusat Kota Semarang. Vihara ini memiliki banyak bangunan berada di area yang luas. Sebagai pusat ibadah umat Budha di dunia.

7. Taman Wonderia
Taman rekreasi yang terletak di Jalan Sriwijaya Semarang Kota Semarang ini lokasi favorit, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Banyak fasilitas dan arena permainan anak dan keluarga seperti Merry Go Round, Kiddy Boat, Typhoon Coaster, Super Rally, Boom Boom Car, serta Space Gyro. Tiket masuk Rp 5 ribu parkir Rp 2 ribu.

8. Curug Lawe
Adalah air terjun sekitar 10 meter di Gunung Ungaran. Ada Curug Lawe dan Curug Benowo yang masih satu kawasan Gunung Ungaran Kabupaten Semarang. Curug ini berada di tengah-tengah perkebunan cengkeh dilereng pegunungan dan hutan yang masih terjaga keasliannya. Nama Curug Lawe dari jumlah air terjun berjumlah 25 buah dalam bahasa jawa “selawe”. Menuju kesini harus jalan kaki sekitar 4 Km menyusuri jalan dipinggir sungai mengalir dingin.

9. Sam Po Kong
Adalah obyek wisata religi umat Hindu dan Budha di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang sekitar 1 Km dari Simpanglima. Bediri megah dengan bangunan kelenteng yang menyala. Bisa beribadah atau sekadar melihat kemegahan bangunan. Bisa ditemukan lilin-lilin raksasa yang dipersembahkan lalu dibakar.

10. Water Bluster
Adalah arena bermain anak dan keluarga modern terletak di Jl. Bukit Candi Golf No.1, Jangli, Tembalang Kota Semarang. Dimanjakan dengan pantai buatan, kolam renang, restoran, dengan kawasan golf yang keren. Sekitar 3 Km dari Simpamglima.

11. Lapangan Simpanglima
Area publik dengan fasilitas bermain anak dan keluarga di pusat kota. Dilengkapi becak wisata, mobil mobilan, sepeda gila, kursi santai, pedestrian memutar, MCK, sepatu roda, mainan tradisional, lapangan rumput dan lain lain. Parkir di sekitar lapangan memutar atau di mall Ciputra, mall Simpanglima, masjid Baiturahman, E Plasa dan sekitarnya.

12. Pemandian Siwarak
Obyek wisata renang anak dan keluarga di barat Kota Ungaran Kab Semarang sekitar 1 Km. Dengan air alami yang masih bersih dan dingin. Keluarga bisa menggelar tikar di bawah pohon sambil makan. Banyak jajanan kacang, gorengan, nasi, bakso, dll. Bisa melihat ikan dengan tiket sekitar Rp 10 ribu.

13. Umbul Sidomukti
Arena mandi sumber air menyembul di atas gunung yang tinggi di Jimbaran Bandungan Kabupaten Semarang. Utara pasar Jimbaran sekitar 2 Km. Dilengkapi flying fox terpanjang, gardu pandang, naik kuda, jagung bakar, jajanan desa, kopi alami, penginapan dll. Harga tiket masuk sekitar Rp 10 ribu.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.