Sukses

5 Hal yang Sering Dianggap Sepele Saat Mudik Naik Mobil

Ingat 5 imbauan sederhana ini ketika perjalanan mudik dengan mobil agar selamat sampai tempat tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tidak sabar saat mudik, sehingga banyak ancaman kecelakaann yang bisa terjadi. Apalagi ketika emosi yang tidak terkendali ketika perjalanan berlangsung, bisa membuat konsentrasi pecah dan mengancam para penumpang. Untuk itu, ingat 5 imbauan sederhana ketika perjalanan dengan mobil yang sering diabaikan.

Siapkan tiket dan uang pas
Pastikan sebelum perjalanan berlangsung, semua tiket yang dibutuhkan tersedia dengan baik. Bila Anda melewati jalan tol, jangan lupa siapkan uang pas. Tentunya kebiasaan ini akan membantu mempercepat jalannya transaksi, sehingga dapat melewati pintu tol tanpa memperlambat mobil lainnya.

Jaga jarak aman kendaraan Anda
Ketika mengendarai mobil di jalanan, harap jaga jarak aman kendaraan. Hal ini juga mempermudah Anda untuk menghindar dari kemungkinan celaka yang mungkin dihadapi nantinya. Jarak aman juga penting untuk memberikan ruang kepada pengendara di depan, untuk bermanuver lebih mudah.

Perhatikan arah rambu lalu lintas
Karena mudik merupakan saat yang ramai, maka tidak jarang ada pengalihan lalu lintas ketika memasuki wilayah perkotaan. Untuk itu, Anda harus tetap siaga memperhatikan arah rambu lalu lintas dan arahan petugas lapangan. Sehingga perjalanan mudik dapat lebih lancar, tanpa harus membuat masalah dengan pengendara lainnya.

Patuhi rambu lalu lintas
Salah satu imbauan terpenting dalam perjalanan mudik adalah mematuhi rambu lalu lintas. Hal ini penting, karena sekali pelanggaran rambu lalu lintas terjadi dan kerugiannya bukan pada Anda saja. Namun pelanggaran ini dapat memicu kecelakaan, sehingga para pemudik lainnya tidak bisa berkumpul dengan keluarga di hari Lebaran.

Segera istirahat ketika mengantuk
Bila Anda sudah mengantuk, jangan paksakan tetap melaju di jalanan. Segera pinggirkan mobil, atau cari rest area terdekat agar bisa beristirahat. Karena ketahanan fisik merupakan kunci selamat ketika mudik Lebaran. Selamat mudik dan selamat Lebaran untuk semuanya.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.