Sukses

5 Kesalahan yang Bikin Rumah Tambah Berantakan selama Lebaran

Kesalahan dalam bersih-bersih ini dapat membuat rumah tambah berantakan selama Lebaran. Hindari sekarang juga.

Liputan6.com, Jakarta Saat Idul Fitri, keluarga besar biasanya berkumpul di satu rumah. Sejumlah persiapan pun perlu dilakukan agar rumah bersih dan nyaman bagi setiap anggota keluarga.

Kegiatan bersih-bersih rumah umum dilakukan menjelang Idul Fitri. Dari mulai membersihkan debu di atas meja atau lemari, mengelap jendela, hingga mengepel lantai. Namun, sejumlah kesalahan mungkin Anda lakukan sehingga alih-alih membuat rumah rapi, justru berantakan.

Melansir dari Good Housekeeping, Senin (26/6/2017), berikut kesalahan yang perlu Anda hindari dalam membersihkan rumah menjelang Idul Fitri.

1. Anda membuat pembersih sendiri
Banyak tutorial membuat bahan pembersih sendiri. Namun, pembersih racikan Anda belum tentu berefek baik untuk rumah, bahkan mungkin akan membuat rumah Anda lebih sulit untuk dibersihkan.

2. Menggunakan kemoceng
Alat ini sebenarnya hanya memindahkan debu dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan debu yang semakin menyebar, Anda akan lebih sulit untuk membersihkannya. Lebih baik Anda menggunakan kain microfiber yang menyerap debu.

3. Mengelap jendela saat cuaca panas
Memang sinar matahari akan membuat air pada jendela cepat kering. Namun, jika terlalu cepat kering, sisa sabun pada jendela akan menjadi noda yang lebih sulit dihilangkan.

4. Menggunakan sepatu di dalam rumah
Sepatu yang bekas Anda pakai dari luar mengandung banyak bakteri dan debu. Jika memakainya di dalam rumah, sepatu akan membuat rumah Anda bertambah kotor dan sulit dibersihkan.

5. Tidak membersihkan vacuum cleaner
Jika tidak sering dibersihkan, vacuum cleaner bukannya menarik debu tetapi malah mengeluarkan debu. Tentu ini akan menambah kesulitan Anda dalam membersihkan rumah.

6. Tidak langsung membilas kain pel
Setelah menggunakan kain pel, Anda mungkin malas jika langsung mencucinya. Namun, hal ini justru akan membuat kain pel akan semakin sulit untuk dibersihkan saat akan dipakai lagi.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.