Sukses

Menumpuk Usai Lebaran, Ini Tips Cuci Piring Bersih dan Cepat

Usai Lebaran, cucian piring biasanya menumpuk. Berikut adalah tips untuk mencucinya dengan bersih dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Namun, ini juga saatnya Anda disibukkan dengan kegiatan bersih-bersih rumah, termasuk mencuci piring.

Cucian piring memang salah satu hal yang cukup menjengkelkan saat perayaan Idul Fitri. Bagaimana tidak, setiap tamu atau anggota keluarga akan menggunakan piring atau pun gelas. Belum lagi cucian piring yang dihasilkan dari kegiatan memasak.

Maka Anda membutuhkan cara cepat mencuci piring. Cara ini sekaligus memberikan hasil yang bersih sehingga Anda langsung dapat menggunakannya kembali. Berikut dilansir dari laman Cleanipedia, Sabtu (24/6/2017).

1. Buang semua sisa makanan yang masih menempel pada peralatan makan atau alat masak. Supaya perabotan gampang dibersihkan.
2. Pisahkan perabotan yang akan dicuci. Mulai dari gelas dan peralatan minum dulu yang dicuci pertama kali. Mengapa peralatan minum dicuci lebih dulu? Gunanya agar peralatan minum yang biasanya tidak terlalu kotor ini tidak tercampur dengan perabotan yang sangat kotor bahkan berminyak dan bau amis.
3. Urutan cuci selanjutnya: peralatan makan seperti piring dan sendok garpu. Setelah itu barulah mencuci peralatan masak seperti panci atau wajan.
4. Gunakan spons pencuci piring yang tepat. Spons yang nyaman dipakai mempengaruhi kinerja kita saat mencuci piring.
5. Pilih sabun atau cairan pencuci piring sesuai selera. Aroma cairan pencuci piring yang harum bisa meningkatkan mood kita saat mencuci piring.
6. Boleh juga sambil mendengarkan musik. Sambil ikut bernyanyi pasti seru! Selamat mencuci piring.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.