Sukses

Tradisi Unik Warga Pulau Gili Probolinggo Jelang Lebaran

Liputan6.com, Surabaya Ribuan warga Pulau Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, serentak meninggalkan pulau mereka menuju pusat kota untuk berbelanja kebutuhan Hari Raya Idul Fitri. Kebiasaan berbelanja ini, dikenal dengan tradisi Petolekoran yang juga menandakan hari ke-27 di bulan Ramadan.

Ahmad salah satu warga Pulau Gili menuturkan, tradisi berbelanja ini memang sudah tiap tahun dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, utamanya saat 27 Ramadan, warga Gili menyebutnya "Tradisi Petolekoran".

"Tradisi Petolekoran ini memang sudah menjadi agenda rutin tiap tahun warga Gili dan tradisi ini sudah turun-temurun dilakukan tiap 27 Ramadan," tutur Ahmad kepada Liputan6.com, Kamis (22/6/2017).

Sementara itu Jumadi, tukang becak yang biasa mengantar warga Gili mengatakan, penghasilan tukang becak meningkat hingga dua kali lipat kalau ada tradisi ini, mengingat semua warga Gili keluar pulau untuk berbelanja.

Menurut sejarah, sebutan "Petolekoran" sendiri diambil dari waktu pelaksanaannya yang dilakukan setiap tanggal 27 Ramadan dalam bahasa Madura. Petolekoran dilaksanakan mulai dari pagi hingga sore hari. pada hari itu, semua penduduk pulau terlihat berbondong-bondong menuju pusat pertokoan dan pasar swalayan yang ada di kota.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tradisi Toron Bikin Arus Jembatan Suramadu Padat Saat Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Ngater Kajien, Tradisi Unik Warga Pulau Gili Antarkan Calon Haji