Sukses

Mengintip Uniknya Perayaan Idul Fitri di India

Liputan6.com, Jakarta Idul fitri merupakan sebuah perayaan besar bagi pemeluk agama Islam di dunia. Setelah berjuang menahan haus dan lapar atau berpuasa selama satu bulan penuh, maka pada hari raya inilah semua umat muslim bergembira dan merayakannya bersama orang-orang terdekat mereka.

Semaraknya Idul Fitri tidak hanya dirasakan di Indonesia saja, tapi seluruh negara dengan penduduk yang memeluk Islam, pasti memiliki tradisi perayaan masing-masing. Seperti dilansir dari Eid, Sabtu (24/06/17), India ternyata memiliki tradisi unik dalam menyambut Idul Fitri.

Sebelum menyambut Idul Fitri, para gadis di India akan menghias tangan dan kaki mereka dengan menggunakan henna yang indah. Tidak hanya para gadis, anak-anak disana baik wanita atau pun laki-laki juga ikut melukis tangan mereka dengan ucapan Eid Mubarak. Selain itu, akan ada bazar pakaian dan gelang berbagai warna pada malam hari sebelum perayaan.

Pada hari-H, mereka akan sholat berjamaah, berdoa bersama, saling berpelukan dan bertukar hadiah. Setelah selesai sholat, para pria akan berjalan menuju makam keluarga mereka yang telah meninggal dunia untuk berkunjung dan menghormati mereka.

Perayaan Idul Fitri tidak akan lengkap tanpa makan bersama anggota keluarga. Di sini hidangan wajib yang selalu ada pada saat lebaran adalah Sevaiyan, yaitu sepiring mie sohun yang disajikan dengan susu, buah kering dan makanan manis lainnya seperti permen.

Selama perayaan Idul Fitri di India, ternyata kemeriahan ini tidak hanya dirasakan oleh umat muslim saja, penduduk non-muslim pun akan datang dan ikut merasakan kegembiraan dan saling menghormati satu sama lain. 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Saksikan Live Streaming Inspirato

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Warna-Warni Pakaian Idul Adha Usai SEA Games di Malaysia