Sukses

Mau Bir Halal dari Betawi? Ini Resep Bir Pletok untuk Anda

Liputan6.com, Jakarta Bir mana ada yang halal? Tenang dulu, karena masyarakat Betawi memiliki resep khusus untuk memberikan kehangatan ala bir, dalam rempah-rempah tanpa alkohol. Sehingga selain nikmat, bir ini tetap halal dikonsumsi oleh siapa saja. Ternyata Bir Pletok ini sangat mudah dibuat di rumah. Bagaimana caranya?

Siapkan bahan-bahan seperti 1,5 liter air, 4 lembar daun pandan yang diikat, satu potong jahe yang diiris tipis, 5 batang serai dan 3 butir cengkeh. Agar makin hangat, jangan lupa tambahkan 3 sentimeter kayu manis, sebuah pala yang dipecahkan, dan 5 lembar daun jeruk.

Bahan dasar rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan minuman khas Betawi bir pletok, Jakarta, Senin (6/2). (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Agar bir pletok Betawi ini memiliki warna merah, jangan lupa berikan kayu secang secukupnya, dan tambahkan 250 gram gula pasir. Sedangkan bila Anda ingin bir ini berwarna cokelat, cukup tambahkan 2 balok gula merah yang sudah diiris.

Cara membuatnya sangatlah mudah, cukup letakkan semua bahan dalam panci dan rebus hingga mendidih. Setelah air menjadi berwarna dan berbau rempah, matikan api dan diamkan bir hingga dingin. Saring bir pletok agar rempah tidak ikut masuk dalam gelas Anda, tambahkan es batu supaya sensasi bir menjadi lebih pekat. Apakah Anda ingin mencoba bir pletok dari Betawi ini?

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.