Sukses

Idul Fitri Tinggal Menghitung Hari Sudahkan Anda Berzakat?

Liputan6.com, Jakarta Hari raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari dan salah satu amalan penyempurna ibadah puasa kita adalah zakat fitrah. Selain menyempurnakan ibadah, zakat fitrah juga berfungsi untuk menyucikan diri kita dari dosa-dosa.

Membayar zakat bagi setap muslim wajib hukumnya, apalagi bila umat muslim tersebut sudah mampu dan memenuhi kriteria dalam berzakat juga mempunyai kesadaran untuk berzakat.

Zakat secara fisik dibagi menjadi dua, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah adalah zakat yang diberikan saat bulan Ramadan sebelum Idul Fitri dalam bentuk uang ataupun beras atau kurma. Tujuan pemberian zakat fitrah adalah agar semua orang mendapat makanan yang layak saat berlebaran.

Setiap umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, "Rasulullah mewajibkan zakat fitrah satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum terhadap hamba dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan dan anak-anak dan dewasa dari kaum muslimin dan diperintahkannya agar mengeluarkan zakat fitrah sebelum orang-orang berangkat menunaikan salat".

Sementara itu, zakat maal adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan secara syarak. Di dalam zakat maal, terdapat beberapa kategori seperti pajak penghasilan, pajak hasil panen, pajak perhiasan, dan kekayaan lainnya. Zakat maal berfungsi untuk membersihkan harta dari hak orang lain.

Memasuki tahun ke-24 Dompet Dhuafa terus berikhtiar mendukung para mustahik (orang atau badan yang berhak menerima zakat atau infak/sedekah). Melayani dan memuliakan mustahik melalui program-program pemberdayaan menjadi salah satu tujuan Dompet Dhuafa.

Untuk itu, Dompet Dhuafa terus mengajak masyarakat, bersama membuka belenggu kemiskinan. Tentunya dibarengi higa dengan berbagai kemudahan layanan yang dihadirkan. Penasaran? Mari simak alasan mengapa berzakat di Dompet Dhuafa.

Ragam Layanan Kemudahan Berzakat

Dompet Dhuafa telah menyiapkan fasilitas pembayaran zakat di kanal elektronik melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, kartu kredit, Paypal, dan ipaymu. Dompet Dhuafa telah bekerjasama dengan beberapa situs e-commerce terkemuka.

Untuk donasi via situs crowd funding, Dompet Dhuafa bersinergi dengan kitabisa.com/dompetdhuafa. Anda yang mungkin sedang sibuk dan tidak ada waktu untuk keluar rumah atau kantor pun bisa menghubungi layanan jemput zakat melalui no. telp 081316847002 dan (021) 7416050. Petugas kami siap dengan cepat menjembatani Anda menunaikan kewajiban.

Dompet Dhuafa juga membantu masyarakat untuk mengetahui seberapa besar zakat yang harus ditunaikan melalui kalkulator zakat dan layanan konsultasi zakat. Layanan ini dapat diakses di http://www.dompetdhuafa.org/donasi.

Pengelolaan Sesuai Syariah dan Profesional

Dalam pengelolaan Ziswaf (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf), Dompet Dhuafa terus mengacu pada ketentuan syariah dan juga menyampaikan amanah masyarakat secara profesional. Baik profesional dalam penyaluran dana Ziswaf yang tepat sasaran dan juga transparan dalam menyajikan laporan pemanfaatan dana untuk program pemberdayaan kepada publik.

Transformasi Dana Zakat Menjadi Program Pemberdayaan

Seluruh donasi zakat masyarakat akan dimanfaatkan untuk program-program pemberdayaan. Dalam pandangan Dompet Dhuafa, kemiskinan ada pada lima isu, yaitu Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Sosial budaya, dan Iman Taqwa.

Kelima isu inilah yang menguatkan gerakan #Zakat360 dalam intervensi zakat yang dikelola oleh Dompet Dhuafa di Ramadan ini. Dengan kata lain, sejak charity dilayani, Potensi mustahik dikembangkan, sampai aset mustahik pun diberdayakan.

Dari menghadirkan layanan kesehatan secara cuma-cuma, rumah sakit gratis, program pemberdayaan ekonomi, pendidikan gratis dan berkelas untuk siswa dhuafa berprestasi, dakwah di berbagai penjuru dunia, hingga terjun di daerah kebencanaan dan konflik. Itu semua Dompet Dhuafa gulirkan untuk meneruskan kepercayaan donatur dan masyarakat semua.

Memantik Semangat Penerima Manfaat

Para penerima manfaat telah banyak yang merasakan kekuatan dan berkah dari zakat masyarakat. Telah banyak kekuatan zakat mengubah mustahik (penerima zakat) menjadi muzaki (pemberi zakat). Salah satunya adalah Maman, seorang petani sayur asal Cianjur.

"Bahagia bukan hanya angan. Sekarang saya bisa nabung, menyekolahkan anak dan tidak hutang lagi. Semua terjadi sejak Dompet Dhuafa hadir di sini. Kami juga menjadi petani yang lebih maju dengan menanam 27 jenis sayur organik," tuturnya.

Jangkauan Global

Sebagai upaya pemerataan penerima manfaat dan juga penyebaran program, Dompet Dhuafa menerapkan jangkauan global dan seluas-luasnya. Dengan menggandeng mitra di berbagai pelosok negeri dan juga dunia, Dompet Dhuafa menggulirkan program pemberdayaan mustahik ke berbagai penjuru.



Melalui lima keunggulan dan keistimewaan yang dimiliki Dompet Dhuafa di atas, tentunya kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama membuka belenggu kemiskinan bersama gerakan #Zakat360. Dengan begitu, seluruh masyarakat dhuafa dapat tersentuh program pemberdayaan, berkah transformasi dari dana Ziswaf. Tunaikan kewajiban berzakat dengan lebih mudah di sini. 


(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini