Sukses

10 Rahasia Kecantikan Rambut dan Kulit dengan Cuka Apel

Ternyata, cuka sari apel memiliki manfaat positif bagi kecantikan Anda, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Selain minyak zaitun dan minyak kelapa, Anda bisa menambahkan cuka ke dalam rutinitas kecantikan sehari-hari. Cuka merupakan bahan pokok dapur terbaru yang bisa Anda tambahkan sebagai rahasia kecantikan.

Dilansir dari popsugar.com, Kamis (29/6/2017), cuka apel dapat digunakan untuk membersihkan ketombe di rambut, menenangkan kulit kering, dan membersihkan sikat makeup. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan cuka apel untuk rahasia kecantikan Anda. Penasaran?

1. Menenangkan kulit gatal
Tuangkan satu cangkir cuka apel ke dalam air mandi dan biarkan sifat anti inflamasinya menenangkan kulit gatal yang Anda rasakan akibat eksim atau psoriasis.

2. Membuat rambut mengkilap
Cuka apel dapat digunakan untuk membersihkan penumpukan produk apapun. Oleskan lima tetes cuka dan campurkan dengan air dingin ke sebuah mangkuk, kemudian aplikasikan ke rambut dan kulit kepala, setelah menggunakan kondisioner.

3. Menghaluskan kulit tubuh
Cuka apel juga dapat membantu mengencangkan pori-pori dan menghilangkan kulit kering. Tidak hanya bagus untuk wajah, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes di tubuh atau sebagai krim tangan untuk mendapatkan efek cerah di setiap bagian tubuh.

4. Mengencangkan pori-pori
Cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit berminyak. Campurkan cuka apel dengan air dan gunakan sebagai toner sebelum rutinitas kecantikan harian Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Menghilangkan ketombe

Cuka Apel (iStockphoto)​

Cuka apel memiliki khasiat anti jamur alami yang dapat membantu Anda menghilangkan kulit kepala keriput akibat ketombe. Campurkan larutan cuka apel dengan air ke dalam sebuah botol dan jadikan sebagai sampo.

6. Menyembuhkan luka akibat pisau cukur
Celupkan kapas ke dalam cuka apel yang tidak diencerkan dan bersihkan luka akibat pisau cukur. Cara ini bisa membantu menghilangkan kemerahan dan pH asam di dalam cuka apel bisa mencegah rambut yang tumbuh ke dalam.

7. Menghilangkan bau kaki
Cuka adalah anti jamur yang juga dapat membantu menghilangkan bau kaki. Campurkan satu cangkir cuka apel dengan empat cangkir air dan rendam kaki Anda. Setelah 15 menit, percayalah, bau kaki Anda akan hilang.

8. Masker wajah
Untuk menjadikannya masker wajah, Anda bisa mencampurkan satu sendok teh cuka apel dengan satu sendok teh bentonite clay atau clay apa pun yang Anda inginkan. Cara ini bisa digunakan untuk eksfoliasi dan menyeimbangkan pH.

9. Membersihkan alat makeup
Cuka apel yang dicampur dengan air juga bisa membantu membersihkan alat makeup Anda. Cukup celupkan saja.

10. Mencegah luka bakar akibat berjemur
Lecet dan pengelupasan bisa terjadi ketika Anda berjemur. Gunakan kain lap yang telah direndam dengan cuka apel sebelumnya untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan luka bakar.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.