Sukses

Setelah 7 Tahun Berlalu, Obama Akan Traveling Lagi ke Indonesia

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama akan kembali berkunjung ke Indonesia dan berlibur ke Bali dan Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dikabarkan akan kembali berkunjung ke Indonesia sekaligus berlibur ke beberapa tempat. Tentunya perjalanan ini tidak lepas dari keinginannya untuk menjelajahi tanah yang pernah ditinggalinya pada 1967. Lalu, sebesar apa keinginannya untuk kembali menjelajahi Indonesia?

“Indonesia bagian dari diri saya,” ungkap Barrack Obama saat berpidato di Universitas Indonesia, akhir 2010.

Kunjungan pertama Obama ke Indonesia adalah ketika ibu kandungnya menikahi orang Indonesia dan pindah ke Menteng Dalam. Di sini, ia sempat menghabiskan waktu bersekolah dan menjelajahi Jakarta. Tentunya keadaan tahun 1967 sangat berbeda dengan apa yang dirasakan oleh Obama pada 2010, saat kunjungan resminya sebagai Presiden Amerika Serikat ke Indonesia.

Selama empat tahun tinggal dan sekolah di Indonesia, Obama menjelajahi Jakarta yang masih memiliki sedikit gedung tinggi. Hanya Hotel Indonesia dan Sarinah yang menjadi gedung tertinggi saat itu serta belum banyak mobil di jalanan Jakarta. Tidak hanya itu, berbagai kuliner seperti nasi goreng, bakso, dan satai sudah pernah dijajal oleh Obama.

"Kami tinggal di sebuah rumah kecil. Kami memiliki pohon mangga di depan rumah. Saya belajar untuk mencintai Indonesia saat menerbangkan layang-layang dan berjalan sepanjang sawah, menangkap capung, membeli sate dan baso di pedagang kaki lima," kenang Obama.

Pada kunjungannya di tahun 2010, Obama juga menyempatkan diri untuk menjelajahi Jakarta dan datang ke berbagai tempat penting. Mulai dari Masjid Istiqlal, Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan berpidato di Universitas Indonesia. Namun, kunjungan ini tidak sampai sehari, karena kesibukannya sebagai Presiden menuntutnya mengikuti jadwal kunjungan ke negara lainnya.

Ternyata kesempatan berkunjung kembali ke Indonesia, dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Gedung Putih. Jokowi mengundang Obama agar bisa berlibur ke Indonesia setelah masa jabatannya selesai, pada 2015. Ternyata gayung bersambut, Obama kembali dijadwalkan traveling ke Indonesia pada pertengahan 2017.

Suami dari Michelle Obama ini dijadwalkan akan hadir pada pembukaan Kongres Diaspora Indonesia keempat di Jakarta pada 1 Juli 2017. Tidak hanya itu, Juru Bicara Kepresidenan, Johan Budi, juga menyampaikan Obama diundang oleh Presiden Jokowi untuk makan di Istana Bogor sekitar tanggal 30 Juni. Rangkaian acara ini dikabarkan akan dilanjutkan dengan traveling ke berbagai daerah di Indonesia seperti Bali dan Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.