Sukses

Konsumsi 8 Makanan Ini untuk Jaga Ingatan Selama Puasa

Ingin menjaga ingatan tetap dalam keadaan baik selama bulan puasa? Konsumsi 8 makanan ini

Liputan6.com, Jakarta Makanan memiliki banyak peranan penting bagi tubuh, termasuk menjaga ingatan, terutama saat bulan puasa. Selama bulan Ramadan, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat menjaga tubuh tetap seimbang.

Dilansir dari purewow.com, Kamis (22/6/2017), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus Anda konsumsi untuk menjaga ingatan tetap dalam keadaan baik selama bulan Ramadan.

1. Ikan
Ikan berlemak seperti salmon dan sarden adalah dua makanan yang sangat penting untuk dikonsumsi. Kedua ikan tersebut mengandung lemak omega 3 yang berfungsi membuat otak bekerja maksimal dan vitamin yang dapat melindungi tubuh.

2. Blueberry
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa blueberry dapat memperbaiki dan menunda kehilangan ingatan jangka pendek. Blueberry kaya akan antioksidan yang dapat melindungi otak dari peradangan.

3. Rosemary
Menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Northumbria University, rosemary dapat meningkatkan ingatan. Bau rosemary dapat mempengaruhi aktivitas otak.

4. Kopi
Kafein yang terdapat dalam kopi dapat mempertajam ingatan dan konsentrasi jangka pendek, serta mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

5. Kacang
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, vitamin E yang terdapat dalam kacang-kacangan dapat membantu mencegah penurunan kognitif. Kacang-kacangan merupakan sumber kalsium dan vitamin E yang sangat berguna selama bulan puasa.

6. Kacang polong
Kacang polong merupakan protein yang mengandung folat dan dapat membantu melindungi otak. Selain itu, kacang polong juga merupakan sumber glukosa yang mudah dicerna.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung polifenol dan antioksidan yang kuat untuk mencegah penyakit, serta kehilangan ingatan terkait usia.

8. Biji labu
Biji labu juga dikenal sebagai camilan yang lezat dan bergizi, karena mengandung seng dan mineral yang penting untuk meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Gunakan biji labu ke dalam menu sahur atau buka puasa Anda, untuk mendapatkan manfaatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini