Sukses

6 Kesibukan Ibu yang Bikin Kangen Momen Lebaran di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Lebaran menjadi perhelatan besar yang harus dipersiapkan sebaik-baiknya untuk keluarga. Tentunya, salah satu sosok yang berperan dalam keluarga adalah Ibu. Bahkan enam kesibukan ini selalu terjadi menjelang Lebaran. Apa saja?

Membuat kue kering
Bila Lebaran sudah tiba, ibu-ibu yang mampu membuat kue kering, akan siap-siap seminggu sebelumnya. Mulai dari kue nastar, putri salju, kue sagu, hingga kacang goreng sudah harus siap beberapa hari sebelum Lebaran. Anak-anaknya? Bermodalkan lap tangan, mereka membersihkan toples Lebaran yang hanya keluar setahun sekali.

Jika sang ibu tidak bisa membuat kue, tetap saja mencari kue Lebaran di pasar atau di swalayan mesti dilakukan. Tentunya, meja di ruang tamu harus terisi dengan beragam kue kering untuk para tamu yang datang.

Memburu baju baru
Dua minggu sebelum Lebaran, ibu-ibu sudah meminta THR dari suaminya untuk melancarkan tugas berikutnya, yaitu memburu baju baru. Tentunya, banyak pasar yang menjadi penuh sesak karena perjuangan ibu, mendapatkan baju terbaik dengan harga miring untuk keluarganya. Tidak lupa pula celana panjang atau sarung baru untuk laki-laki serta mukena yang cantik untuk dibawa saat salat Idul Fitri.

1 dari 3 halaman

Mempersiapkan parsel

Bila keluarga memberikan parsel kepada kerabat dan saudara, tentu saja ibu yang harus merencanakannya semua. Mulai dari membeli isian parsel, hingga membungkusnya menjadi menarik. Tetap saja, ibu yang tidak bisa membuat parsel, harus mencari penjual parsel dan memastikan pengirimannya tepat sasaran.

Membersihkan rumah

Ilustrasi Foto Membersihlkan Kaca (iStockphoto)
Berbekal sapu dan pel, sehari sebelum lebaran semua bagian rumah sudah harus kinclong, demi menyambut tamu. Bahkan seluruh gorden harus dicuci serta alas kursi, meja, dan bantal harus terlihat bersih dan baru. Anak-anak juga harus turut membantu membersihkan jendela berbekal kertas koran dan sang ayah sudah dituntut ibu untuk mengubah warna cat rumah.

2 dari 3 halaman

Mempersiapkan sajian lebaran, hingga pagi lebaran menjelang

Ilustrasi Foto Wanita Memasak (iStockphoto)
Para wanita sudah sibuk di rumah untuk mempersiapkan sajian Lebaran, termasuk ibu yang menjadi komando di dapur. Mulai dari ketupat, sayuran, hingga mengolah daging sapi dan daging ayam untuk hari Lebaran. Berbagai resep keluarga juga harus dilancarkan, untuk memberikan momen makan yang tidak akan terlupakan ketika Lebaran.

Membangunkan keluarga ketika salat Idul Fitri
Ibu menjadi lebih proaktif ketika salat Idul Fitri tiba, untuk memastikan semua menjalankan salat sunnah yang terjadi sekali setahun ini. Mulai dari subuh tiba, semua penghuni rumah akan dibangunkan dan disegerakan untuk mandi. Tidak lupa pula ibu memeriksa baju baru, sehingga tampak rapi dikenakan nantinya. Meski terkadang Ibu tidak bisa ikut salat karena halangan, tentu saja momen ini tetap menjadi hal yang dirindukan kala Lebaran.

Artikel Selanjutnya
Eko Patrio Akan Kurban 4 Ekor Sapi
Artikel Selanjutnya
Sibuk Syuting, Verrell Bramasta Sempatkan Mengaji ke Banjarmasin