Sukses

Ingin Jadi Delegasi Indonesia di SXSW 2018? Ini Syaratnya

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki banyak bakat yang luar biasa untuk dipertunjukkan kepada dunia. Salah satunya melalui South by Southwest Festival (SXSW) 2018, yang diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat. Bagi Anda yang berminat untuk membawa nama Indonesia di kancah dunia, inilah syarat-syaratnya.

“Ada dua fase pemilihan yang akan dilakukan oleh Bekraf untuk mengirimkan delegasi dalam tim Archipelageek 2 di SXSW 2018. Tentunya hasil akhir diberikan oleh panitia SXSW 2018,” ungkap Jerry Justianto, Chairman The Association of Asia Pacific Advertising Media dan Coach Start Up for Bekraf x SXSW 2017, Kamis (15/6/2017).

SXSW sendiri merupakan event tahunan dunia yang mewadahi industri interaktif, musik, dan film. Tentunya kehadiran Indonesia pertama kalinya di SXSW sudah membawa hasil positif bagi para pelaku industri kreatif, yang mampu menampilkan karyanya, dan mengembangkan jaringan ke seluruh dunia. Bahkan beberapa tim yang dibawa dapat membangun kerjasama bisnis dengan berbagai pihak di Amerika.

Fase pertama akan diadakan seleksi bagi seluruh pendaftaran yang masuk. Peserta yang lolos seleksi merupakan karya kreatif yang sudah diproduksi, bukan sekadar perencanaan saja. Seleksi ini dilakukan karena banyak sekali pendaftar yang hanya memasukkan rencana, padahal hasil nyatanya belum ada.

Fase kedua merupakan pemilihan karya yang memiliki nilai-nilai lebih, dibanding peserta lainnya. Aspek-aspek yang masuk penilaian adalah berdampak positif, inspiratif, dan memiliki manfaat bagi orang banyak. Hal terpenting lainnya adalah, semua peserta harus mampu berbahasa Inggris karena harus mempresentasikan karyanya pada khalayak banyak.

“Kalau perlu, seluruh karya yang terpilih bisa dicontoh oleh orang luar negeri. Supaya kita jadi pionir yang pertama kali membuatnya,” ungkap Jerry.

Pendaftaran Archipelageek 2, delegasi Indonesia ke SXSW 2018, akan segera dilaksanakan bulan Juli 2017. Jadi bila Anda ingin ikut serta, jangan lupa memantau lini media sosial dari Bekraf. Situs resmi dari SXSW juga akan memberitahukan peraturan resmi untuk pendaftaran yang akan dibuka pada 26 Juni 2017.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Jokowi Terbang ke Singapura Siang Nanti, Ini Agendanya
Artikel Selanjutnya
DKI Jakarta Rengkuh Juara Pertama Duta Muda ASEAN 2017