Sukses

Branding Baru untuk 10 Destinasi Utama Telah Diluncurkan Menpar

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melaunching 10 destinasi pariwisata utama Indonesia, dengan branding baru.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melaunching 10 destinasi pariwisata utama Indonesia, dengan branding baru di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (14/6). Kesepuluh destinasi utama ini dinilai paling siap di-branding sebagai destination branding dalam mendukung brand Wonderful Indonesia dikancah dunia.

Kesepuluh destinasi dengan branding baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Acara launching 10 destinasi pariwisata utama Indonesia, dengan branding baru dan pameran The New Chapters of Indonesia (WI) dimeriahkan pertunjukan kesenian dalam kemasan cultural wonders yang menampilkan tari tradisional, fashion, show, musik serta penampilan group musik biola Kamila. Yang tidak kalah seru, penyanyi Andien akan menghibur pengunjung yang datang di Balairung Soesilo Sudarman.

Peluncuran Branding kali ini dikemas menarik dengan menampilkan pameran dengan tema ”The New Chapters of Indonesia”, pameran ini bertujuan untuk melihat potensi daya tarik wisata berupa budaya (culture), alam (nature), dan daya tarik wisata buatan (manmade) di masing-masing 10 destinasi wisata unggulan tersebut.

Menpar Arief Yahya mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman branding tersebut, tentu perlu diberikan penjelasan dan pemahaman lebih lanjut, agar ada sinergi antara pusat dan daerah terkait pemajuan pariwisata.

“Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah di-branding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15 juta dan meningkat menjadi 20 juta pada 2019,” kata Menpar Arief Yahya.

Peluncuran branding baru 10 destinasi pariwisata utama tersebut juga sebagai upaya menyelaraskan sub-brand (branding destinasi) dengan master-brand (Wonderful Indonesia/WI) sehingga memperkuat positioning dari master-brand.

Mantan Dirut PT Telkom itu juga sangat konsisten tampil dalam berbagai kegiatan promosi mancanegara dengan branding Wonderful Indonesia.

"Saya paham, bukan hanya Pak Presiden Jokowi yang galau, banyak pemimpin dunia yang galau memikirkan national brand seperti ini," kata Menpar Arief Yahya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, keistimewa daya tarik wisata di 10 destinasi utama saat dipamerankan dalam kesempatan itu, para pengunjung dapat menikmati kebudayaan dari masing-masing destinasi.

“Ada putri pariwisata di setiap booth, yang siap membantu pengunjung untuk mencari tahu mengenai filosofi 10 branding baru destinasi itu. Serta memberikan kesempatan kepada perwakilan untu menunjukan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang ada,” kata Pitana.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.