Sukses

Belanja Online Anti Hoax dengan Perhatikan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Belanja online sudah menjadi kegemaran saat ini, didukung dengan akses yang mudah digenggam. Namun, tetap saja ada permasalahan ketika ingin belanja online, seperti penjual yang menipu hingga bentuk barang yang tidak sesuai dengan keinginan. Untuk itu, ada lima tips yang diberikan oleh Kurniawan Santoso, Client Partner E-Commerce & Travel Facebook, yang dapat diterapkan sebelum belanja.

Pastikan halaman profil penjual
“Sebelum belanja perhatikan dulu penjual punya gambar yang bersih, informasinya benar, dan menjual barang-barang dari brand yang terperaya,” ungkap Kurniawan pada pembukaan Jakarta Great Online Sale 2017 beberapa waktu lalu.

Pastikan barang
Tentunya sebelum belanja online, Anda harus memastikan barang sesuai dengan apa yang diinginkan. Selain itu, perlu dilihat apakah harga yang diberikan masuk akal, karena harga yang terlalu rendah atau terlalu rendah bisa menjadi indikasi yang kurang baik.

Pastikan Layanan Pelanggan
Layanan pelanggan sangat perlu diperhatikan dan dipastikan dapat dihubungi dengan lancar. Adanya pelayanan pelanggan membuktikan bahwa penjual bisa dipercaya dan jual beli bisa berlangsung dengan lancar meski ada kesulitan.

Pastikan ada pilihan cara pembayaran
Seorang penjual yang terpercaya dapat dibuktikan melalui cara pembayaran. Jika mereka menerima penggunaan kartu kredit atau debit, sudah dipastikan mereka terdaftar di bank yang terpercaya. Beberapa pilihan seperti COD atau cash on delivery juga bisa menjadi pilihan bagus dalam pembayaran belanja Anda.

Pastikan waktu pengiriman
“Pengiriman masih menjadi salah satu hambatan bagi para penjual online, karena tergantung cara pengiriman dan daerah tujuan. Salah satu cara belanja online aman adalah tanyakan kapan barang akan sampai ke tempat tujuan,” ujar Kurniawan.

Tentunya dengan tips ini belanja online bisa nyaman dilakukan tanpa penipuan, apalagi terjebak dengan hoax yang sering terdengar. Apakah Anda sudah siap belanja?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Mau Terjun ke Bisnis Online? Simak Tips dari Google Indonesia Ini
Artikel Selanjutnya
4 Jenis Karakter Unik Konsumen Belanja Online, Kamu yang Mana?