Sukses

Jangan Sampai Tertipu, Kenali Jenis Toko Online Sebelum Belanja

Liputan6.com, Jakarta Ternyata, tak banyak masyarakat yang mengenali jenis-jenis toko online. Hal ini akhirnya menimbulkan kesalahpahaman, bila terjadi permasalahan atau hal yang tidak menyenangkan ketika belanja. Untuk itu, ada baiknya bila Anda bisa mengenali berbagai jenis toko online sebelum berbelanja. Seperti yang disampaikan oleh Ferry Tenka, CEO Orami, pada pembukaan Jakarta Great Online Sale 2017, Rabu (14/5/2017).

“Toko online sendiri terbagi dalam dua jenis, E-commerce, dan Marketplace. Makanya kita tidak menyebutkannya sekadar toko online saja, karena mereka ini berbeda,” ungkap Ferry di Balai Agung, Gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Perbedaan kedua jenis toko online ini, menyebabkan sistem pelayanan dan alur distribusinya berbeda. Sehingga, bila terjadi hal yang tidak diinginkan dalam masalah pembayaran atau pengiriman, bisa langsung memberitahu pada pihak yang tepat.

Ferry menjelaskan, untuk E-Commerce sendiri, sistem pengadaan barang, penjualan, hingga pengiriman semua diurus sendiri. Sehingga para pembeli yang berbelanja di E-Commerce, dapat mengetahui estimasi pengiriman uang dan pengiriman barang dengan cepat.

Selain itu, reputasi yang harus diperhatikan adalah dari brand E-Commerce secara keseluruhan. Sehingga, bila ada kesalahan pengiriman uang atau barang, para pembeli bisa langsung menghubungi layanan pelanggan yang ada di toko online.

Hal berbeda terjadi di Marketplace, karena toko online ini didesain hanya sebagai pasar. Mereka mempertemukan penjual dan pembeli dalam internet, bukan menyediakan barang ataupun jasa pengiriman. Hal ini menyebabkan tidak ada estimasi pasti kapan barang akan sampai ke tujuan.

Tapi Marketplace memiliki kemungkinan untuk sang pembeli, agar menawar harga lebih rendah dibanding yang tertera di toko online. Selain itu, bila terjadi hal yang tidak diinginkan, para pelanggan bisa langsung menghubungi sang penjual tanpa melalui perantara Marketplace.

“Untuk itu, sebelum berbelanja jangan lupa untuk membaca terms and condition. Kalau malas membaca, jangan segan untuk menelepon penjual sehingga transaksi jual beli menjadi lebih aman,” tutup Ferry.

Artikel Selanjutnya
Mau Terjun ke Bisnis Online? Simak Tips dari Google Indonesia Ini
Artikel Selanjutnya
Mau Beli Baju Anak Secara Online? Simak Tipsnya Berikut