Sukses

6 Cara Elegan Jawab Pertanyaan 'Kapan Kawin' Saat Mudik Lebaran

Saat mudik ke kampung halaman, hal yang paling tidak menyenangkan bagi seorang jomblo adalah pertanyaan “kapan kawin?”

Liputan6.com, Jakarta Lebaran sebentar lagi. Itu artinya Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk persiapan mudik Lebaran. Saat mudik ke kampung halaman, hal yang paling tidak menyenangkan bagi seorang single adalah pertanyaan “kapan kawin?”. Untuk itu, sebelum sampai ke kampung halaman, Anda juga perlu persiapan agar tetap prima dan menjawab pertanyaan tersebut dengan percaya diri tanpa merendahkan diri sendiri.

Berikut enam cara elegan menjawab pertanyaan “kapan kawin?” saat mudik Lebaran, seperti yang disusun tim Liputan6.com, Kamis (15/6/2017).

Masih Mau Kuliah (Lagi) 
Untuk Anda yang masih menjalani kuliah, jawaban “mau selesaikan kuliah dulu” merupakan bentuk jawaban elegan yang bisa diterima banyak orang, termasuk si penanya. Namun pertanyaan “kapan kawin?” akan menjadi lebih bermasalah jika Anda sudah menyelesaikan kuliah. Alternatif jawaban yang elegan bagi Anda adalah “saya ingin lanjutkan kuliah dulu”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanya Kembali, Apakah Nikah Sebuah Jawaban?

Bagi kebanyakan orang Indonesia status "menikah" tentu dianggap lebih baik daripada "belum menikah" atau "tidak menikah", apalagi bagi mereka yang perempuan. Maka tak heran jika kebanyakan perempuan rela menikah dengan laki-laki mana pun demi mengejar "status", meski tidak sesuai dengan ekspektasi. Alhasil banyak pasangan tidak menemukan muara kebahagiaan dari pernikahan itu sendiri. Lalu, apakah pernikahan sebuah jawaban?

3 dari 6 halaman

Mohon Doa Saja

Tanpa merendahkan diri Anda sebagai seorang single, jawaban ini memang paling aman dan sederhana jika Anda mendapati pertanyaan “kapan kawin?” saat mudik Lebaran.

4 dari 6 halaman

Nikah Butuh Perencanaan Matang

Selain perencanaan materi, seseorang yang ingin menikah juga perlu persiapan mental dan kesiapan batin. Menggabungkan dua pikiran dalam satu rumah tangga bukan perkara mudah, perlu kerelaan untuk mau mengalah dan menepiskan ego. Jawaban “Nikah butuh perencanaan matang” sambil terus mencari jodoh yang tepat merupakan salah satu cara elegan untuk menjawab pertanyaan “kapan nikah?”.

5 dari 6 halaman

Sedang Cari Sponsor

Bagi Anda yang ingin menjawab dengan sederhana namun sedikit berselera humor, jawaban “sedang cari sponsor” merupakan salah satu cara yang elegan. Selain mengandung humor, cara ini juga bisa menyentil si penanya untuk turut berandil secara materi dalam prosesi pernikahan. Tidak menutup kemungkinan setelah jawaban tersebut, ada sanak saudara yang ingin membiayai pernikahan Anda.

6 dari 6 halaman

Berikan Senyum

Selain mohon doa, senyum juga menjadi cara sederhana namun elegan untuk menjawab pertanyaan “kapan kawin?”. Pasang senyum Anda yang paling manis saat ada yang bertanya “kapan kawin?” saat mudik Lebaran. Selain jadi cara yang elegan, dengan senyuman manis tidak menutup kemungkinan akan ada lawan jenis yang tertarik pada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.