Sukses

Yuk Ikutan, Jual Barang Bekas Sekaligus Beramal

Liputan6.com, Jakarta Menjelang hari raya Lebaran, banyak orang ingin menampilkan perubahan baru, termasuk rumah. Nah, lebaran menjadi moment tepat untuk membenahi rumah. Ya tentu saja, siapa yang tidak mau berkumpul bersama keluarga dengan suasana baru, yakni rumah dengan tampilan baru.

Akan tetapi, membenahi rumah tidak sama laiknya membalikan telapak tangan. Sangat mudah. Anda kadang butuh waktu lama untuk membersihkan rumah. Untuk itu berikut tips panduan sebelum membersihkan rumah:

1. Cicil

Ingat, membenahi rumah tidak akan selesai dalam waktu sehari. Maka dari itu, Anda bisa cicil mulai dari sekarang. Mulailah mencicil dengan cara membersihkan bagian demi bagian rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur terlebih dahulu.

Utamakan ruang-ruang yang akan diakses oleh tamu. Ganti sofa yang sudah tidak layak pakai, atau ganti pelapisnya. Untuk pelitur perabot kayu, rawat dengan pemoles instan.

2. Bersihkan yang penting

Untuk menghemat waktu, utamakan untuk membersihkan hal-hal yang penting dari hunian. Nah, Anda bisa bayangkan ruangan mana saja yang sering didatangi tamu saat lebaran. Ya, ruang tamu, dapur, dan toilet.

Anda bisa memulai membersihkan rumah dari salah satu ruangan tersebut. Untuk dapur, Anda bisa membersihan dari sela-sela kompor gas dan rak piring. Bersihkan dengan lap basah dan kering.

Setelah dapur pindah ke kamar mandi. Kamar mandi merupakan ruang yang wajib dibersihkan. Sebelum membersihkan toilet, terlebih dulu siram cairan pembersih porselain atau keramik ke seluruh lantai kamar mandi. Diamkan selama beberapa menit.

Setelah itu baru Anda benahi ruang tamu. Anda bisa memulai dengan menganti alas meja ruang tamu. Atau bisa menganti sofa lama dengan yang baru. Jangan lupa cuci atau ganti tirai jendela pada ruang tamu. Anda bisa padukan dengan warna-warna yang cerah agar tamu merasa nyaman saat datang.

3. Pilah pilih

Setelah Anda membenahi ruangan-ruangan tersebut, tak ada salahnya Anda memisahkan perabotan atau barang-barang yang sudah tak terpakai. Pilihlah barang bekas tersebut, lalu pisahkan. Jangan langsung dibuang. Siapa tahu Ada beberapa barang yang masih mempunyai nilai. Nah, seperti sofa bekas yang ada di ruang tamu, sepatu dan tirai jendela.

Beramal

Setelah membenahi rumah dan mendapatkan barang bekas yang masih bernilai, Anda bisa menjualnya kepada kerabat atau teman dekat.

Kalau pun Anda tidak mempunyai waktu menjualnya, Anda cukup foto dan berikan informasi mengenai barang tersebut lalu pasarkan melalui iklas baris online, OLX misalnya.

Apalagi, bertepatan dengan bulan Ramadan, OLX sebagai e-commerce iklan baris online mempunyai program #BekasJadiBerkah.

Uniknya, program yang sudah dimulai dari 2014 ini tak hanya mengajak Anda untuk menjual barang bekas saja, tetapi mengajak untuk beramal pula.

Caranya pun mudah, Anda cukup mencari barang yang sudah tak terpakai dan jual di OLX dengan menyertakan hashtag #BekasJadiBerkah di judulnya. Mulai dari sofa, sepatu pakaian, dan mungkin stroller bayi bekas bisa Anda jual di OLX dalam program #BekasJadiBerkah.

Hasil penjualan barang-barang bekas itu bisa didonasikan untuk amal melalui rekanan resmi OLX, yaitu Dompet Dhuafa.

Tak cuma menyumbang dengan kemampuan sendiri, Anda bisa juga membantu seseorang melalui tulisan. kok bisa?

Ya, kalau Anda mengetahui orang atau individu tertentu yang sangat membutuhkan bantuan, kunjungi situs bekasjadiberkah.id dan tulis cerita Anda semenarik mungkin. Misalnya tetangga atau kerabat yang memang memerlukan bantuan..

Nantinya jika cerita Anda termasuk dalam 10 cerita paling inspiratif, pihak OLX akan membantu mewujudkan cerita #BekasJadiBerkah tersebut menjadi kenyataan. Indah bukan?

Jadi, Anda bisa membenahi rumah, sekaligus beramal. Yuk ikutan!

Artikel Selanjutnya
Raup Omzet Rp 50 Juta dari Kerajinan Limbah Kerang
Artikel Selanjutnya
Sebotol Saus McDonald Ini Dijual Rp 54 Juta, Apa Istimewanya?