Sukses

Ketahui Cara Memilih Buah yang Sudah Matang dengan Tepat

Ketahui tanda buah-buahan yang sudah matang dengan memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum membelinya.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah ketika membeli buah di supermarket atau pasar, ternyata belum matang atau bahkan busuk? Bagi sebagian orang, memilih buah yang matang dengan tepat merupakan hal yang cukup sulit. Terkadang, Anda tak menyadari tanda-tanda bahwa buah tersebut sudah benar-benar matang atau tidak.

Nah, Anda tak perlu khawatir, seperti yang dilansir dari laman Bright Side, Rabu (14/6/2017), ketahui tanda buah-buahan yang sudah matang dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

 

 

 

1. Buah Nanas

Buah nanas yang memiliki aroma sangat menyengat, itu artinya nanas tersebut sudah terlalu matang.

Jika Anda menekan buah nanas dan sedikit penyok, maka isinya sudah matang. Kulit nanas yang berwarna hijau, bukan berarti belum matang, tapi bisa jadi sebagai varian nanas yang berbeda-beda.

Nanas yang matang memiliki daun yang berwarna hijau dengan ujung yang sedikit layu. Sementara daun nanas yang berwarna hijau utuh tanda buah belum matang.

2. Buah Mangga

Buah mangga bisa berwarna kuning, hijau, atau merah, tergantung varietasnya. Dalam beberapa varietas, Anda bahkan tidak bisa mengetahui buah mana yang matang dan mentah dari warna tertentu. Indikator sempurna dari kematangan adalah bercak gelap pada kulitnya. Jika ada beberapa bercak, itu artinya buah mangga sudah matang.

Mangga yanga masih keras tandanya mentah. Sedangkan buah mangga yang matang sangat lembut, tetapi tidak terlalu lembut. Namun, jika kulit mangga ketika ditekan rusak, tandanya buah mangga sudah terlalu matang.

Mangga matang juga memiliki aroma khas yang manis.

3. Buah Pepaya

Hal yang umum untuk menentukan buah pepaya matang atau tidak adalah dari warna kulitnya. Pepaya yang matang akan berwarna kuning atau oranye. Sedangkan kulit pepaya yang warnanya hijau adalah tanda belum matang.

Buah yang paling matang memiliki kulit berwarna seragam, tetapi perhatikan juga kelembutannya. Jika kulitnya berwarna kekuningan, tapi dagingnya keras, artinya buah belum matang dengan sempurna.

Kulit pepaya dengan noda gelap kecil tidak akan memengaruhi rasa pepaya, sementara noda yang besar merupakan indikasi buah yang terlalu matang bahkan hampir busuk.

4. Buah Alpukat

Kulit alpukat yang sudah matang bisa berwarna cokelat atau hijau cerah tergantung varietasnya.

Terdapat beberapa lubang kecil pada kulit alpukat yang masuk ke dalam jika Anda mengocok alpukat matang.

Tekan buah untuk melihat apakah penyok akan tetap ada. Jika ya, maka alpukat sudah matang. Jika tidak hilang, bisa jadi buah alpukat tersebut sudah terlalu matang atau busuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.