Sukses

4 Makanan Sederhana untuk Buka Puasa dari Berbagai Negara

Coba empat ide makanan cepat saji dan sederhana untuk menu berbuka puasa Anda di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus, tentunya Anda membutuhkan makanan dengan gizi seimbang dan lezat. Tapi jika aktivitas Anda terlalu padat di siang hari, bisa dipastikan Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan pada saat berbuka puasa. Tapi tenang saja, empat ide makanan cepat dan simpel seperti yang dilansir dari IslamicFinder, Rabu (14/06/17), bisa Anda coba di rumah.

Samosa
Bagi masyarakat kita, buka puasa tidak akan lengkap tanpa gorengan. Jika sudah bosan dengan aneka gorengan yang biasa dijual, Anda bisa membuat gorengan sendiri di rumah. Cukup dengan menyiapkan kulit pangsit yang diisi dengan berbagai macam sayuran, daging cincang (boleh ayam atau daging sapi) yang dicampur dengan sedikit rempah, Anda sudah bisa mendapatkan Samosa yang sangat lezat dan renyah.

Jika di Pakistan dan India gorengan ini dikenal dengan nama Samosa, lain halnya dengan negara Arab yang menyebutnya Sanbosa atau Borek dari negara Turki. Tapi yang jelas, makanan Samosa ini sangat praktis untuk dicoba di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buah-buahan atau salad

Coba empat ide makanan cepat dan sederhana untuk menu berbuka puasa Anda di rumah. (Foto: iStockphoto)

Satu lagi makanan simpel yang sehat. Ya, Anda cukup menyediakan beberapa buah segar yang dicampur dengan sedikit yoghurt atau mayones. Rasa manis dari buah akan memberikan sensasi yang menyegarkan pada saat berbuka puasa.

3 dari 4 halaman

Chakchouka atau Shakshuka

Coba empat ide makanan cepat dan sederhana untuk menu berbuka puasa Anda di rumah. (Foto: iStockphoto)

Makanan yang berasal dari Aljazair ini selain lezat tentunya sangat mudah dibuat. Cukup dengan menyiapkan saus tomat, sayuran, telur dan daging, kemudian dimasak sampai semua bahan terasa empuk dan lembut. 

4 dari 4 halaman

Sup

Coba empat ide makanan cepat dan sederhana untuk menu berbuka puasa Anda di rumah. (Foto: iStockphoto)

Kaya akan serat, protein, dan vitamin, makanan yang lezat ini sangat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Hampir setiap negara di dunia memiliki sup dengan ciri khas masing-masing.

Jika di Palestina, sup dikenal dengan nama Shorbet Adas yang terdiri dari campuran berbagai macam kacang yang dimasak bersama-sama. Sedangkan di Pakistan dikenal dengan nama Haleem, Nuaimiah dari Sudan dan Harira dari Maroko yang terbuat dari campuran kaldu dan sayuran. Kira-kira hampir mirip dengan sup yang ada di Indonesia, ya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.