Sukses

Lakukan 4 Trik Cerdas Ini agar Tetap Fokus Saat Puasa

Lakukan empat cara cerdas ini agar tetap produktif dalam melakukan rutinitas setiap hari tanpa takut kehilangan fokus saat berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Puasa merupakan kewajiban yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan dengan melarang umatnya untuk tidak makan dan minum di waktu siang hari selama satu bulan. Padahal seperti yang kita ketahui, makan dan minum merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh agar selalu berenergi dan tetap fokus dalam beraktivitas.

Dilansir dari IslamicFinder, Rabu (14/06/17), Anda bisa melakukan empat cara cerdas ini agar tetap produktif dalam melakukan rutinitas setiap hari tanpa takut kehilangan fokus saat puasa.

Memilih Makanan dengan Benar
Apabila Anda tipe orang yang suka ngemil dan tidak bisa menahan rasa lapar dalam waktu yang cukup lama, maka yang perlu dilakukan adalah merencanakan menu saat sahur dan berbuka dengan baik. Tidak harus makan dalam porsi yang banyak, tetapi pastikan semua gizi Anda terpenuhi seperti protein, karbohidrat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari makanan yang mengandung banyak garam pada saat sahur karena akan membuat Anda cepat merasa haus di siang hari.

Ibadah
Meluangkan waktu untuk beribadah akan sangat membantu Anda tetap produktif selama bulan Ramadan. Anda bisa mengisi waktu setelah sahur dengan kegiatan membaca Al-Qur’an agar tubuh tetap segar untuk bekerja sepanjang hari. Karena tidur setelah sahur terbukti sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Olahraga
Mungkin akan terdengar sedikit berat, alih-alih berolahraga, selama puasa tubuh pasti membutuhkan banyak energi. Tapi sebenarnya, olahraga selama berpuasa sangat membantu Anda untuk merevitalisasi tubuh. Jika tubuh mulai merasa ngantuk pada siang hari, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan di sekitar ruangan kerja agar fokus Anda tetap terjaga.

Rencanakan hari Anda
Selama menjalankan ibadah puasa, ada baiknya bagi Anda untuk mengatur ulang kegiatan yang akan dilakukan setiap hari. Anda bisa merencanakan hal-hal yang lebih bermanfaat agar selama puasa tubuh Anda tetap fit dan tidak kehilangan fokus. Seperti mengisi hari-hari dengan banyak beribadah, melakukan kegiatan sosial, beristirahat sebentar disela-sela kesibukan saat bekerja dan melakukan olahraga ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.