Sukses

Sering Dengar Bel Ketika Pesawat Lepas Landas? Ini Rahasianya

Tahukah Anda arti bunyi bel yang sering terdengar, ketika pesawat lepas landas? Inilah rahasianya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak rahasia yang ada ketika pesawat lepas landas, mulai dari kode rahasia pilot hingga tempat duduk pramugari. Namun tahukah Anda arti bunyi bel yang sering terdengar ketika pesawat lepas landas? Inilah rahasianya, dirilis dari huffingtonpost.com, Selasa (13/6/2017).

Ternyata bunyi bel yang sering terdengar ketika pesawat lepas landas, memiliki arti untuk para pramugari. Bunyi ini dikirimkan dari pilot ketika pesawat sudah berada sesaat di udara, untuk menandakan roda pesawat sudah ditarik kembali ke badan pesawat.

Sedangkan bunyi bel kedua diberikan seiring dengan dipadamkannya lampu sabuk pengaman. Hal ini digunakan untuk memberitahukan awak kabin dan penumpang, bahwa sabuk pengaman sudah boleh dilepaskan ketika perjalanan berlangsung.

Beberapa kombinasi bel lain yang biasanya digunakan adalah bunyi ding-dong, ketika penumpang menginginkan bantuan dari awak kabin. Sedangkan tiga bunyi bel dengan suara rendah, digunakan untuk menandakan keadaan darurat ke seluruh awak kabin dan penumpang.

Tentunya, masih banyak variasi bunyi bel yang berbeda sesuai jenis pesawat dan maskapainya. Tujuannya tetap satu, untuk menjaga keamanan dan keselamatan dalam penerbangan. Apakah Anda sudah menyadari rahasia di pesawat ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.