Sukses

5 Tipe Teman Kerja yang Bisa Bantu Anda Meraih Sukses

Ingin sukses, pilihlah teman kerja yang bisa membantu Anda untuk meraih sukses.

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh diri sendiri. Ada juga faktor eksternal yang berpengaruh, salah satunya teman kerja.

Bukannya ingin pilih-pilih, tapi memang teman kerja harus diseleksi agar kita bisa cepat sukses. Ibarat kita mesin motor, para kolega itu adalah oli. Jika olinya berkualitas buruk, mesin tidak akan mencapai kemampuan maksimal.

Seperti dikutip dari DuitPintar.com, Rabu (14/6/2017), berikut ini tipe teman kerja yang sebaiknya dipilih agar Anda bisa cepat sukses.

1. Si bijak
Kedewasaan memang lekat dengan kebijaksanaan. Tapi tidak semua orang yang sudah dewasa itu bijak. Coba lihat siapa saja teman kerja Anda yang mengantongi sifat bijak. Ciri-cirinya, bisa memberikan nasihat yang berguna dan menyenangkan diajak diskusi. Ucapannya bisa dijadikan pegangan atau masukan untuk membuat keputusan. Selain itu, dia tidak mudah marah.
Dekat dengan orang bijak bisa membuat kita ketularan bijak. Ini berguna terutama saat hendak mengambil keputusan.

2. Si penyemangat
Tempatkan diri dalam aura positif agar selalu optimistis. Caranya, dekati teman kerja yang bersifat si penyemangat.
Ciri-cirinya, mereka selalu ceria dan blak-blakan. Seperti tidak ada kesedihan yang menimpanya. Ketika kita jatuh, mereka siap memberikan dukungan. Energi positif ini akan membuat kita berlaku positif pula dalam kerja.

3. Si tukang kritik
Kritik sangat diperlukan demi kemajuan. Tanpa kritik, kita tidak akan pernah tahu apa kelemahan kita yang perlu diperbaiki. Tapi tentunya kritik ini yang bersifat membangun, bukan yang tanpa dasar.
Ciri-ciri teman tukang kritik sudah jelas, selalu nyinyir bila ada yang salah. Namun kita jangan sampai terlalu ambil hati menghadapi mereka. 

4. Si kreatif
Kreativitas adalah salah satu kunci kesuksesan. Lihat saja bisnis-bisnis yang maju, pasti ada kreativitas di dalamnya.
Makanya, pilih teman kerja yang kreatif agar kita bisa belajar darinya. Misalnya, yang pandai mengelola waktu dan kerap memunculkan ide-ide dalam rapat. Banyak-banyaklah berdiskusi biar mendapat inspirasi kerja.

5. Si kompetitif
Persaingan diperlukan agar kita bisa berkembang. Jadi, cari teman kerja yang kompetitif agar kita lebih terpacu untuk meningkatkan kapasitas diri.
Mungkin akan terjadi sedikit perselisihan atau percik-percik konflik. Tapi itu wajar dalam persaingan, terlebih di dunia kerja.
Yang penting, usahakan konflik itu tidak membawa keburukan, seperti perpecahan dalam tim kerja. Sebaliknya, konflik mesti diolah agar tercapai kemajuan bersama dalam kerja.

6. Si sobat
Setiap orang memerlukan sobat alias teman kerja yang dekat dibanding yang lain. Bukan bermaksud membeda-bedakan atau mengambil jarak dengan yang lain, namun kolega yang menjadi sobat ini diperlukan sebagai teman diskusi, curhat, bersaing, dan sebagainya.

Ibaratnya seperti sahabat di sekolah. Bisa bekerja sama mengerjakan tugas saat weekdays dan hangout bersama ke mall ketika akhir pekan. Suasana kekeluargaan ini akan membuat kita nyaman bekerja.

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menggapai kesuksesan. Namun peran teman kerja selalu diperlukan entah bagaimana caranya untuk membantu Anda mengejar karier impian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.