Sukses

5 Aplikasi Smartphone Penting untuk Mudik Lebaran

Lebaran tinggal menghitung hari. Sebaiknya Anda juga sudah menyiapkan 5 Aplikasi Smartphone penting untuk mudik lebaran berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini smartphone sudah menjadi teman setia setiap orang. Smartphone hampir tidak bisa ditinggalkan layaknya dompet. Terlebih kini ada berbagai macam aplikasi yang memudahkan pengguna untuk berbagai macam keperluan salah satunya memantau kemacetan melalui media sosial.

Kini, hampir semua pemudik juga mengandalkan berbagai macam aplikasi untuk teman mudik yang asyik. Beberapa sudah mengunduh aplikasi pemutar musik secara streaming dan tak ketinggalan juga berbagai aplikasi pemantau lalu lintas agar bisa menghindari kemacetan dan mencari jalur alternatif.

Bagi Anda yang bersiap-siap akan mudik Lebaran, ada baiknya juga mengunduh beberapa aplikasi smartphone yang penting untuk mudik lebaran seperti dihimpun oleh Liputan6.com, Selasa (13/6/2017).

1. Google Maps

Aplikasi smartphone Andorid ini terkadang masih harus diunduh terlebih dahulu, namun ada juga yang sudah bundling tersedia dalam aplikasi bawaan lainnya. Dengan Google Maps sebetulnya sudah sangat mudah menentukan tujuan kota mudik dari kota asal. Google Maps juga membantu pantauan lalu lintas yang ditandai dengan garis warna yang berbeda-beda. Untuk garis warna merah berarti kondisi lalu lintas sedang macet, sementara garis berwarna oranye berarti tanda lalu lintas ramai lancar, sedangkan warna hijau menandakan jalur lancar.

2. Offline GPS

Meskipun Anda sudah mengunduh Google Maps, tak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi GPS Offline yang tidak membutuhkan koneksi internet. Untuk menghemat kuota Anda bisa mengandalkan aplikasi Offline GPS seperti Sygic atau Ndrive. Untuk tipe terbaru malahan gambar sudah menggunakan visualisasi 3 dimensi terutama di kota besar seperti Jakarta. Namun kekurangannya Anda tidak bisa memantau arus lalu lintas secara real time. Kentungannya aplikasi Offline GPS tetap bisa digunakan hingga ke pelosok daerah yang belum terjangkau koneksi internet memadai.

3. Google Trips

Layaknya seorang traveler, pemudik juga butuh perencanaan perjalanan. Dengan aplikasi Google Trips Anda bisa menentukan titik istirahat di beberapa tempat. Selain itu juga Google Trips sudah memiliki fitur untuk mencari tempat wisata terdekat dari jalur yang dilalui. Mudik lebaran juga bisa menjadi waktu terbaik untuk liburan bersama keluarga.

4. Wisata Lokal Travel Indonesia

Aplikasi karya lokal ini memiliki direktori wisata di Indonesia berdasarkan provinsinya masing-masing. Aplikasi ini juga memberikan informasi kepada pengguna tentang wisata lokal yang bisa dikunjungi lengkap dengan foto, jalur peta, dan rating dari pengguna lainnya. Tambahannya lagi, Anda juga bisa mengenal tipe tempat wisata lokal dari artikel yang tertera untuk mendapatkan info hiburan apa saja yang bisa dilakukan.

5. Aplikasi Reservasi

Perjalanan mudik terkadang penuh dengan teka teki. Kegiatan pasar tumpah saja bisa membuat jalur mudik tersendat dan alami kemacetan panjang. Saat kemalaman di jalan dan harus mencari tempat istirahat, Anda cukup menggunakan aplikasi Reservasi untuk mencari hotel murah terdekat dari jalur yang Anda lalui. Apalagi Reservasi selalu menyediakan promo hotel terbaik setiap harinya. Unduh sekarang aplikasi smartphone terbaik Anda untuk mudik yang nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini