Sukses

5 Trik Agar Lebih Produktif Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Selama Ramadan, seluruh umat Muslim dunia harus menjalani ibadah puasa selama sehari penuh. Hal ini tentu dapat mempengaruhi produktifitas Anda. Sebab, rasa lemas karena haus atau lapar bisa saja dialami.

Namun, Anda tetap bisa mengakali semua itu, kok. Dengan melakukan trik berikut ini, bulan Ramadan bukan jadi halangan untuk Anda menjadi seseorang yang produktif. Seperti yang dirangkum dari metro.co.uk, Sabtu (10/6/2017).

1. Tidak Tidur Setelah Sahur

Ternyata, energi tubuh sedang dalam keadaan prima setelah kita melaksanakan sahur. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk memulai aktivitas setelah sahur. Seperti menyelesaikan beberapa tugas kantor, membalas email, mengerjakan PR, membaca Al-Quran, dan masih banyak lagi. Jika tidur setelah melaksanakan sahur, tubuh justru jadi terasa lemas dan berpengaruh pada produktifitas di hari tersebut.

2. Membuat To Do List

Dalam satu hari, ada banyak sekali hal yang harus Anda selesaikan. Tapi, karena Anda sedang berpuasa tentu tak semuanya bisa dikerjakan sekaligus dalam sehari. Perasaan bingung dengan apa yang harus dilakukan tentu malah membuat Anda jadi tak produktif. Kalau Anda adalah tipe orang yang melakukan segala sesuatu secara terstruktur, cobalah buat to do list terlebih dahulu. Di bulan Ramadan ini, jangan terlalu ketat membuat jadwal. Pisahkan antara pekerjaan yang sifatnya mendesak dengan yang bisa diselesaikan di lain waktu ke daftar tersebut.

3. Tulis Tujuan Anda

Setelah membuat to do list, ada baiknya untuk menuliskan tujuan Anda. Misalnya, dalam satu hari Anda ingin produktif melakukan kegiatan membaca Al-Quran agar bisa khatam di akhir bulan Ramadan nanti. Dengan begitu, Anda bisa tahu target apa yang ingin dicapai. Perasaan semangat untuk melakukan apa yang direncanakan dalam jadwal pekerjaan jadi muncul.

4. Istirahat

Selama berpuasa, tubuh jadi mudah lemas karena harus menahan lapar dan haus selama seharian. Tak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikan apa yang ada di jadwal kegiatan Anda. Jika Anda memang merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas, sempatkan beberapa waktu untuk beristirahat atau tidur. Tidur juga bagian dari ibadah saat bulan Ramadan, lho. Tidur beberapa menit atau beberapa jam sebelum berbuka bisa membuat tubuh kembali segar.

5. Pilih Menu Sahur dan Berbuka yang Tepat

Makanan yang kita konsumsi punya efek besar terhadap tubuh. Jika terlalu banyak mengonsumsi gorengan dan makanan bersantan, tak heran kalau tubuh akan merasa lemas dan malas melakukan segala aktivitas selama seharian. Pilih menu bernutrisi dan memberikan tubuh energi. Saat sahur, jangan lupa konsumsi banyak buah-buah segara dan susu. Ketika berbuka, lebih baik konsumsi makanan ringan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan makan berat setelah melaksanakan salat Tarawih. 

Lakukan trik di atas sehingga hari Anda jadi lebih produktif walau sedang menjalankan kewajiban puasa. Meski berpuasa, bukan berarti tak bisa menjalani hobi traveling. Jalan-jalan yuk ke destinasi impian Anda di bulan ini! Pesan tiket pesawat di Reservasi.com  untuk dapatkan promo Ramadan Seru!

Artikel Selanjutnya
Tips Genjot Produktivitas Sebagai Pekerja Lepas
Artikel Selanjutnya
Cara Jitu Kumpulkan DP Rumah untuk Fresh Graduate