Sukses

Agar Tak Cepat Lapar, Makan Ini Saat Sahur

Makanan-makanan ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sehingga cocok dimakan saat sahur.

Liputan6.com, Jakarta Saat berpuasa, rasa lapar dan haus wajar saja dirasakan. Maklum, Anda menahan untuk tidak makan dan minum selama hampir 14 jam. Namun, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, Anda perlu makan makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka.

Terutama saat sahur, penting bagi Anda untuk makan makanan yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Ini juga berfungsi supaya Anda tidak cepat lemas dan tetap semangat menjalani aktivitas.

Seperti selebritas Nadia Mulya yang memiliki segudang kegiatan saat bulan puasa. Misalnya menghadiri sejumlah acara hingga mengurus anak-anaknya tanpa pengasuh. Namun ibu tiga anak ini tidak merasa lemas saat berpuasa, bahkan ia juga menyempatkan diri untuk berolahraga.

Asupan nutrisi selama sahur dan berbuka merupakan kuncinya. Ia cukup picky alias pemilih dalam menentukan makanan yang dimakannya saat jam di luar puasa.

"Aku memperbanyak makan protein, seperti daging, ayam, atau telur. Ini sangat baik untuk sumber energi," ucap Nadia Mulya saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Supaya berat badan tak bertambah saat berpuasa, Nadia Mulya juga memiliki trik. Caranya ia tidak makan terlalu banyak gorengan saat berbuka. Ia memilih untuk makan lebih banyak beberapa saat setelah waktu berbuka tiba.

"Sebab saat baru saja berbuka, metabolisme tubuh sedang rendah. Jika langsung makan banyak, makanan tidak akan dicerna dengan baik, berat badan bertambah. Tubuh juga butuh waktu sekitar 20 menit untuk merasakan kenyang setelah makan, jadi harus ditunggu, jangan langsung kalap, makan banyak," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.