Sukses

10 Hal Aneh yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda Saat di Pesawat

Nggak cuma perasaan bosan, penerbangan terlalu lama juga punya efek ke tubuh Anda lho!

Liputan6.com, Jakarta Traveling ke destinasi impian di luar kota atau negeri memang menyenangkan. Tapi, aktivitas ini seringkali menuntut Anda untuk mengalami perjalanan panjang di pesawat. Selain perasaan bosan, penerbangan yang lama ini ternyata juga punya pengaruh terhadap kondisi tubuh, lho.

Dilansir dari brightside.me, Sabtu (8/7/2017) inilah hal aneh yang akan terjadi pada tubuh Anda saat berada di pesawat untuk perjalanan traveling.

1. Kaki Membengkak

Dalam keadaan normal, Anda bisa berjalan dan menggerakkan kaki dengan bebas. Sayangnya, saat berada di dalam pesawat hal ini tak bisa dilakukan. Apalagi kalau Anda duduk memilih pesawat kelas ekonomi. Jarak yang membuat kaki tak leluasa bergerak ini ternyata berefek pada darah yang tak dapat mengalir dengan lancar. Inilah penyebab kaki seringkali membengkak setelah Anda melakukan penerbangan dengan jangka waktu cukup panjang. Nah, untuk mengatasinya, pastikan melakukan peregangan ringan selama beberapa kali. Seperti berjalan-jalan kecil atau meluruskan kaki.

2. Indera Perasa Berubah

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan dari Cornell University, kerja otak yang bertanggung jawab untuk mengatur indera perasa akan berubah selama penerbangan di pesawat. Anda yang biasanya suka dengan makanan manis bisa jadi lebih senang meminum jus asam selama di sana. Kebisingan mesin pesawat ternyata yang jadi alasan terhadap perubahan ini.

3. Bau Mulut

Dehidrasi menyebabkan mulut memproduksi air liur lebih sedikit. Hasilnya, bakteri aktif akan berkembang sehingga menimbulkan bau mulut. Untuk mencegahnya, jangan lupa makan makanan sehat selama penerbangan atau kunyah permen karet rasa mint.

4. Masalah Kulit

Dehidrasi juga menyebabkan kulit wajah jadi mengelupas dan berjerawat. Udara kering di pesawat dan membuat perlindungan kulit menjadi lemah. Oleh sebab itu, gunakan krim pelembap selama berada di perjalanan untuk menjaga kesehatan kulit.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Kepala Pusing

Pusing atau mual tentu kerap Anda rasakan saat penerbangan karena tekanan udara yang lebih rendah dibandingkan di darat. Untuk meminimalisir gejala kepala pusing, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela.

6. Metabolisme Menurun

Tak leluasa bergerak ternyata juga punya efek pada tubuh. Sembelit atau perut kembung bisa saja terjadi. Hal ini terjadi karena perubahan tekanan yang menyebabkan metabolisme melambat. 

7. Pendengaran Melemah

Tekanan udara di pesawat pun membuat kuping akan terasa sakit. Untuk meminimalisir hal ini, kunyahlah permen selama penerbangan.

8. Sakit Gigi

Banyak traveler yang mengalami sakit gigi selama penerbangan. Alasannya adalah karena perbedaan tekanan udara di pesawat. Udara masuk melalui celang lubang gigi lalu menekan gigi mereka. Jika sering mengalami hal ini, sebaiknya Anda pergi mengunjungi dokter sebelum berangkat traveling.

9. Bakteri Masuk ke Tubuh

Tahukah Anda, sebagian besar cairan yang ada di pesawat mengandung bakteri jahat. Untuk menghindari infeksi di tubuh, sebaiknya pilih minuman kemasan yang ditawarkan oleh pramugari.

10. Anda Jadi Lebih Cemas

Perasaan cemas berlebih hingga ingin marah bisa juga dirasakan oleh Anda selama penerbangan panjang. Faktor penyebabnya bisa dari suara bising mesin pesawat hingga turbulensi. Untuk mengakalinya, sebaiknya lakukan kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian Anda seperti membaca buku, menonton film, mendengar musik, atau tidur.

Rencanakan penerbangan Anda sekarang juga. Pesan tiket pesawat dan booking hotel di Reservasi.com. Diskon hingga Rp 1.000.000 bisa Anda dapatkan di sini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.