Sukses

Beli Berlian Jadi Investasi, Bisakah?

Liputan6.com, Jakarta Batu mulia seperti berlian bukanlah barang murah. Maka memutuskan membelinya bukan suatu keputusan yang mudah bagi sebagian orang.

Di balik kilau cantiknya, berlian memiliki sejumlah nilai, misalnya estetika yang tinggi. Namun, apakah batu ini juga dapat menjadi investasi yang baik?

Menurut Brand Manager Mondial Jeweler Yogie Siswantoro, berlian memang bernilai tinggi. Namun, ia tidak mengedukasi berlian sebagai investasi. Sebab, nilainya bisa turun, jika nilai tukar uang asing tidak stabil. Seperti pada 2003, ada penurunan nilai berlian karena terjadi krisis moneter. 

Untuk investasi, Yogie lebih menekankan pada emas karena nilainya cenderung lebih stabil. Emas juga cenderung mudah untuk dijual. Namun, jika mau investasi dengan nilai yang lebih cepat meningkat, properti lebih tepat.

"Tapi kan kalau properti tidak bisa dipakai, berbeda kan dengan berlian yang juga bisa dipakai. Apalagi kalau desainnya bagus dan klasik bisa diwariskan dan masih tetap cantik," kata dia di sela-sela pameran perhiasan koleksi spesial Mondial dan Miss Mondial di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Mondial dan Miss Mondial memamerkan koleksi perhiasan spesialnya. Yang menjadi sorotan yakni berlian berwarna karena jenis itu tengah menjadi tren di deretan batu mulia. Ada pula precious stones, seperti rubi, safir, dan zamrud yang tengah diminati sebagai perhiasan eksotik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.