Sukses

Inilah Rahasia Obrolan Santai dengan Petugas Keamanan di Bandara

Sering diajak mengobrol santai oleh petugas keamanan bandara ketika pemeriksaan berlangsung? Ternyata obrolan singkat ini punya rahasia.

Liputan6.com, Jakarta Sering diajak mengobrol santai oleh petugas keamanan bandara ketika pemeriksaan berlangsung? Ternyata obrolan singkat ini, memiliki rahasia yang jarang diketahui oleh para penggguna bandara. Seperti yang dirilis oleh grunge.com, Kamis (8/6/2017).

Obrolan singkat seringkali ditanyakan oleh petugas, ketika Anda melewati bagian pemeriksaan. Terkadang pertanyaannya sangat sederhana, mulai dari nama, rencana berlibur, atau ke daerah apa saja yang akan dikunjungi. Tentunya sebagai penumpang yang tidak sabar ingin segera berlibur, akan menjawab pertanyaan ini dengan lugas dan ceria.

Ternyata, secara tidak disangka, Anda sudah menjalani pemeriksaan secara langsung oleh para petugas keamanan atau imigrasi. Meskipun rasanya tidak ada hal yang mengancam Anda sama sekali, ketika pemeriksaan berlangsung. Pemeriksaan ini sering disebut sebagai Controled Cognitive Engagement atau CCE.

Menurut studi tahun 2014 dari beberapa bandara di London, seperti Heathrow dan Charles De Gaule di Paris, ditemukan bahwa metode ini 20 kali lebih akurat untuk mengawasi perilaku yang berbahaya. Nantinya para petugas keamanan akan melontarkan pertanyaan sederhana, kepada orang-orang yang ingin diperiksa.

Efeknya terlihat dengan jelas, para pengguna bandara yang tidak menyimpan rencana jahat akan menjawab pertanyaan tersebut dengan lancar. Berbeda dengan para pembohong, atau orang yang mecurigakan karena mereka akan kesulitan menjawabnya. Secara psikologis mereka akan terperangkap dalam pertanyaan, dan berbohong untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Tentunya teknik ini melengkapi cara observasi yang sudah ada sebelumnya, yaitu SPOT atau Screening of Passanger by Observation Techniques. Cara ini akan menganalisa berbagai gerakan tubuh secara tidak sadar ketika melewati pemeriksaan, mulai dari mata, tangan, dan bahasa tubuh lainya. Jadi ketika di bandara, pastikan Anda bersikap normal ketika diperiksa agar lolos area pemeriksaan dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.