Sukses

Begini Tips Aman Bumil Mudik Naik Pesawat

Liputan6.com, Jakarta Tradisi pulang kampung alias mudik memang menjadi momen paling dinanti dan ditunggu bagi Anda yang memiliki kampung halaman. Tak ingin melewatkan momen berkumpul bersama keluarga atau tiket pesawat sudah di tangan, namun, Anda sedang dalam kondisi hamil, hmm… tak perlu ragu atau takut, Anda sebagai bumil tetap bisa mudik naik pesawat asalkan memperhatikan tips-tips di bawah ini sebelumnya:

1. Konsultasi dengan Dokter
Waktu yang tepat untuk naik pesawat adalah saat kehamilan memasuki usia pertengahan atau trimester kedua (sekitar minggu ke-14 hingga 28). Mengapa demikian? Di waktu ini, Anda sudah nyaman kembali dengan kehamilan Anda dan risiko keguguran dan lahir prematur pun terbilang rendah.

Sebaiknya sebelum berangkat, Anda check-up dan update kondisi kehamilan Anda dengan dokter, apakah di usia kandungan saat ini masih boleh naik pesawat atau bagaimana baik dan amannya. Akan lebih baik lagi jika Anda membawa surat keterangan boleh terbang saat check-in.

2. Pakailah Outfit yang Nyaman
Kenakanlah pakaian dengan bahan yang menyerap keringat dan sepatu flat. Kenakan pakaian yang longgar, ber-layer yang nanti bisa dilepas outer-nya saat merasa terlalu panas dan bisa membuat Anda nyaman. Jangan lupa juga untuk memakai dan kencangkan sabuk pengaman di bawah perut.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Anda harus mengonsumsi banyak air putih/cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Saat sedang hamil, tubuh butuh lebih banyak air dan kekurangan air bisa berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, selalu siap sedia air mineral di tas dan perbanyak minum. Selain itu, hindari pula naik pesawat saat kehamilan menginjak usia melahirkan. Bepergian pada usia tersebut bisa sangat melelahkan dan membuat Anda tidak nyaman.

4. Pilih Posisi Aman dan Nyaman di Pesawat
Pilih tempat duduk yang dekat dengan bagian sayap. Bagian ini akan membuat tubuh Anda tidak merasa tertekan ketika pesawat mengubah ketinggian. Selain itu, sirkulasi udara di tempat ini juga sangat aman untuk ibu hamil dan janin.

Buat posisi tubuh Anda nyaman sepanjang penerbangan. Kehamilan sering menimbulkan risiko seperti kaki kram, varises, dan kaki bengkak saat hamil. Anda bisa membawa alas untuk tempat tumit kaki, sehingga kaki Anda bisa lurus dan tidak mudah lelah. Selain itu, bisa juga pilih tempat duduk dekat toilet agar lebih memudahkan Anda yang sering buang air kecil.

5. Pastikan Jadwal Penerbangan Anda Mudah Diubah
Mudik dengan pesawat adalah hak setiap orang, termasuk yang sedang hamil. Namun, bisa saja ada perubahan kondisi di kehamilan Anda yang mengharuskan ditundanya penerbangan karena hal-hal darurat. Sayangnya, hal-hal seperti ini tidak dapat diprediksi dengan tepat. Untuk mengatasinya, pilihlah tiket penerbangan yang jadwalnya bisa diubah dengan mudah melalui Easy Reschedule Traveloka.

Fitur ini dapat memudahkan Anda melakukan perubahan pada jadwal penerbangan yang sudah dipesan dari jauh-jauh hari. Hanya dengan membuka Traveloka App, Anda bisa langsung menggunakan Easy Reschedule. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya, seperti Flight Reminder, Price Alerts, Online Refund, dan Multiple Payment Methods demi kemudahan perjalanan mudik naik pesawat saat sedang hamil.

Anda boleh ragu dengan kondisi kehamilan yang kiranya mampu menempuh jarak jauh dengan pesawat atau bahkan tak perlu memaksakan pergi mudik, namun Anda bisa minimalisir kekhawatir itu dengan memesan tiket di situs booking online yang memiliki fitur-fitur andal untuk memudahkan urusan perjalanan mudik naik pesawat.

Kini, saatnya Anda booking tiket pesawat, jaga kondisi kesehatan, dan pastinya siapkan barang bawaan seperlunya agar tidak merepotkan mobilitas Anda saat mudik nanti!

 

(Adv/HA)

 

Artikel Selanjutnya
3 Trik Merawat Sepatu Kesayangan Anda
Artikel Selanjutnya
Anti Kantuk di Mobil Saat Mudik dengan Cara Tak Biasa Ini