Sukses

Makin Nyaman Mudik Bersama Buah Hati dengan Trik Keamanan Ini

Mudik ketempat yang jauh? Perhatikan juga kenyamanan anak ketika berpergian dengan trik ini.

Liputan6.com, Jakarta Mudik bersama buah hati memang memiliki trik khusus, sehingga mereka tetap nyaman dan selamat hingga sampai di tempat tujuan. Salah satunya menggunakan alat keamanan ekstra di kendaraan, sehingga buah hati tetap terlindungi. Seperti penggunaan baby car seat di kendaraan, yang membantu anak lebih nyaman duduk selama perjalanan jauh.

“Menjelang liburan, tentunya penting untuk mengedukasi orangtua mengenai berkendara yang aman dan nyaman bersama anak. Terlebih dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia,” tutur Lina Paulina selaku Vice President Mothercare dan Early Learning Centre Indonesia.

Ternyata, penggunaan Baby Car Seat kini dipandang sebagai bentuk pencegahan yang penting kepada anak. Mengingat ada lebih dari 100 ribu kasus kecelakaan lalu lintas, seperti data yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri pada tahun 2016. Selain itu penggunaannya juga dianggap penting ketika mudik, karena kendaraan seperti mobil dan bus tidak didesain untuk anak-anak.

“Penggunaan car seat sangat penting untuk anak karena sabuk pengaman mobil tidak di desain untuk anak-anak, sehingga harus menggunakan pengaman lainnya yang tepat untuk menjaga anak tetap aman. Pemilihannya juga harus tepat, agar anak 90 persen terbebas dari kemungkinan cedera fatal saat kecelakaan terjadi,” ungkap Dewi Nopiyanti, Mothercare Baby Expert.

Salah satu faktor yang digunakan untuk memilih car seat adalah berat badan anak. Semakin berat badan anak, maka berat car seat yang bisa digunakan semakin berat. Mulai dari anak umur 0 bulan hingga 12 tahun bisa menggunakan beragam jenis car seat dengan berat mulai dari 0kg hingga 36kg. Tentunya dengan pemilihan yang tepat, akan membuat anak makin nyaman berpergian selama mudik berlangsung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.