Sukses

Selain Tabir Surya, Ini 6 Cara Lindungi Tubuh dari Sinar Matahari

Simak di sini cara melindungi setiap bagian tubuh Anda dari paparan sinar matahari, selain menggunakan tabir surya.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa paparan sinar matahari memberikan dampak buruk bagi kulit Anda. Apa yang biasanya Anda lakukan untuk melindungi setiap bagian tubuh dari paparan sinar matahari sepanjang hari?

Dilansir dari bustle.com, Rabu (7/6/2017), faktanya, sinar matahari dapat menembus benang pakaian Anda, sehingga Anda memang memerlukan sesuatu yang benar-benar bisa melindungi setiap anggota tubuh. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa mengoptimalkan perlindungan setiap anggota tubuh Anda dari paparan sinar matahari.

1. Kain sintesis lebih baik
Ketika berbicara tentang jenis kain yang dapat memberikan perlindungan terbaik dari paparan sinar matahari, maka kain yang memiliki rajutan atau tenunan serta lubang yang semakin kecil adalah yang terbaik, karena semakin sedikit sinar UV yang bisa melewatinya. Kain sintesis seperti poliester, lycra, nilon, dan akrilik cenderung lebih protektif, daripada katun.

2. Anda juga bisa menggunakan kain matte
Kain matte seperti linen juga dapat Anda gunakan untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Kain mengilap dan semi sintesis seperti rayon cenderung dapat merefleksikan lebih banyak sinar matahari.

3. Pilih warna hitam
Meskipun warna ringan seperti putih dan pastel terasa lebih dingin di musim panas, warna-warna tersebut tidak dapat memberikan perlindungan yang Anda perlukan. Warna yang lebih gelap cenderung tidak mudah menyerap sinar matahari, layaknya warna cerah, seperti merah.

4. Usahakan tetap kering
Jika Anda ingin memaksimalkan perlindungan dari sinar matahari, usahakan menjaga tubuh tetap kering. Jika pakaian Anda basah, itu akan menurunkan kemampuan tabir surya yang digunakan.

5. Gunakan topi brimmed
Jenis topi yang Anda gunakan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari juga penting, karena dapat mengurangi risiko kanker kulit sebesar 10%. Topi baseball dapat memberikan proteksi pada bagian dahi, sedangkan topi brimmed dapat memberikan perlindungan penuh pada telinga sampai punggung.

6. Melapisi pakaian
Meskipun melapisi adalah kegiatan yang tidak nyaman dilakukan ketika di luar keadaan sangat panas, cara ini bisa membantu menawarkan perlindungan terhadap sinar matahari. Cobalah menggunakan linen ringan atau sutra untuk lapisan pakaian yang tidak terlalu panas ketika terkena paparan sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini