Sukses

Ramadan Rukun, Tempat Berbagi dan Nikmati Seni

Ramadan Rukun hadir dengan mengedepankan nilai berbagi sekaligus melibatkan budaya dan seni.

Liputan6.com, Jakarta Saling berbagi merupakan salah satu esensi dari Ramadan. Rumah Budaya Siliran, Art Music Today, dan Rekambergerak pun menyelenggarakan Ramadan Rukun yang mengedepankan nilai berbagi sekaligus melibatkan budaya dan seni.

Kegiatan ini adalah kegiatan baru dimulai pada 2017 dan akan menjadi agenda tahunan selama bulan Ramadan. Tiga unsur kegiatan ini adalah Buka Bersama, Pentas Seni, dan Silaturahmi Budaya. Diselenggarakan 15 hari selama bulan Ramadhan mulai 29 Mei hingga 16 Juni, kecuali Sabtu dan Minggu.

HJ Endra Djawanai, perwakilan dari Rekambergerak mengatakan, tema dalam Ramadan Rukun pada tahun perdananya adalah "Bacalah". Tema ini dipilih sebagai ajakan kepada siapa saja untuk semakin peka dalam “membaca” atau mencermati kondisi sosial bangsa Indonesia yang akhir-akhir ini sedang terpecah-belah. Kerukunan menjadi sesuatu yang semakin mahal harganya.

"Niat kami melalui kegiatan ini adalah mempertemukan setiap orang yang terlibat, komunitas seni dan masyarakat, dan siapapun saja yang mengapresiasi kegiatan ini supaya bisa saling berkumpul, berdiskusi untuk menggali makna-makna demi meningkatkan kualitas kemanusiaan. Karya-karya seni berbagai bidang yang ditampilkan dalam kegiatan ini juga menjadi salah-satu medium untuk “membaca” pesan-pesan kehidupan moral tersebut," kata Endra, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (5/6/2017).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Rumah Budaya Siliran, Yogyakarta. Selain warga Siliran dan Yogyakarta, kegiatan juga terbuka bagi pelajar atau mahasiswa, para pelaku, pemerhati, penikmat seni budaya beserta komunitas, serta donatur Buku untuk membantu program Buku Bagi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sejauh ini sudah ada sejumlah artis yang mengisi acara tersebut, antara lain Jikustik, Frau, Sisir Tanah, Merry Sajuto Quintet (MSQ), Nunung Deni Puspita, NOS, Blackstocking, Brightsize Trio, Markus, Doddy Micro, Sabil, Asita, Hariza Nasyid feat. Fazan, Kroncong Sorlem, dan masih banyak lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.